Darmin: Enggak Suka Dana Asing, tapi Enggak Mau Menabung...

Kompas.com - 02/05/2019, 14:42 WIB
Menko Darmin Nasution usai mrncoblos di TPS 20. Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (17/4/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANAMenko Darmin Nasution usai mrncoblos di TPS 20. Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (17/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai orang Indonesia memiliki satu masalah dalam cara pandang dan kebiasaan.

"Masalah kita itu sering tidak suka sama dana asing, tetapi kita tidak mau menabung (di bank)," ujarnya dalam acara SimPel Day di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Padahal menurut Darmin, kegemaran masyarakat menambung di bank bisa menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan kepada dana asing.

Dana yang disimpan masyarakat di bank bisa menjadi dana yang dimanfaatkan untuk berbagai pembangunan hingga pelosok negeri.

Baca juga: Menelisik Aliran Masuknya Dana Asing ke Indonesia...

"Dengan demikian kita tidak perlu tergantung kepada dana orang luar untuk membangun ekonomi kita," kata dia.

Oleh karena itu Darmin mendukung penuh program SimPel atau Simpanan Pelajar yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bekerja sama dengan sejumlah bank.

Program ini mencuat Darmin akan membentuk kebiasaan masyarakat Indonesia menabung di bank sejak pelajar.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Tirta Segara mengatakan, program SimPel sudah diluncurkan sejak Juni 2015 lalu.

Hingga saat ini ada 326.000 sekolah yang kerja sama di program SimPel. Jumlah rekening telah tercatat 17 juta rekening dengan nominal Rp 6.64 triliun.

"Jumlah yang menurut hemat kami cukup signifikan," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X