Rabobank Tutup Operasi, Bagaimana Nasib Nasabahnya?

Kompas.com - 02/05/2019, 15:36 WIB
 Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso selepas Raker dengan Komisi XI, di Gedung Nusantara I, Jakarta, Rabu (11/4/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso selepas Raker dengan Komisi XI, di Gedung Nusantara I, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mendengar keputusan PT Bank Rabobank International Indonesia yang akan menutup operasinya secara bertahap.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya menghormati keputusan Rabobank yang akan menghentikan operasinya di Indonesia

"Keputusan dari korporasi kita hargai kalau memang ada pasti dia karena alasan-alasan bisnis," ujarnya di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Lantas bagaimana nasib para nasabah Rabobank? Wimboh mengatakan, Rabobank harus mengikuti proses yang berlaku sampai menutup operasinya.

Baca juga: Rabobank Indonesia Hentikan Operasional

Salah satunya yakni memastikan bahwa penutupan operasi tersebut tidak akan menganggu para nasabahnya.

Rabobank kata Wimboh, harus memberikan jaminan kontinuitas nasabah untuk tetap bisa melakukan jasa perbankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Wimboh, ada bebarapa cara yang bisa dilakukan oleh Rabobank. Misalnya  memberikan opsi kepada nasabah untuk memindahkan rekeningnya kepada bank lain.

"Tetapi juga tinggal nagaimana kerja sama Rabobank dengan bank lain, bank mana yang bisa melakukan itu. Tetapi ini belum sampai kesitu. Ini hanya opsi-opsi yang harus disiapkan," kata dia.

"Di samping itu kami juga belum tahu detailnya kewajiban-kewajiban apa yang harus diselesaikan. Banyak hal yang harus kami bicarakan lebih detail," sambung Wimboh.

Sebelumnya, PT Bank Rabobank International Indonesia dalam suratnya kepada nasabah mengumumkan penghentian operasional Rabobank Indonesia atas wewenang pemegang saham pengendali.

Pihak manajemen mengatakan, hal tersebut telah dilaporkan oleh bank kepada pengawas yakni Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

Adapun penghentian operasional Rabobank akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, beberapa kantor cabang bakal ditutup.

Saat ini izin penutupan kantor cabang telah disampaikan pula ke OJK. Atas hal itu, Rabobank meminta para nasabah untuk menutup rekening di kantor cabang tempat pembukaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X