Pertumbuhan Pengusaha Muda Didorong di Papua

Kompas.com - 03/05/2019, 05:02 WIB
Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang pertama di Papua.Dok. Prudential Indonesia Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang pertama di Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prudential Life Assurance bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menginaugurasi 60 orang calon pengusaha muda peserta program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang pertama.

Program ini menerapkan kurikulum internasional yang telah diimplementasikan di lebih dari 100 negara dan kini disesuaikan khusus untuk masyarakat Papua.

“Beragam kegiatan tanggung jawab sosial telah kami jalankan selama lebih dari 18 tahun, dan sejak 2018 kami melebarkan jangkauan geografis program berkesinambungan kami dengan mendukung wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua," kata Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia dalam pernyataannya, Jumat (3/5/2019).

Baca juga: Ikatan Alumni UI Dorong Pengusaha Muda Sukses Kelola Startup

Secara spesifik, Rinaldi menyebutkan sasaran yang dituju adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua. Program telah mulai dijalankan, antara lain Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan khusus untuk generasi muda.

Saat ini pemerintah sedang gencar menggalakkan ekonomi kerakyatan karena terbukti membantu mendorong penguatan ekonomi secara nasional. Tercatat jumlah UMKM juga sangat dominan, mencapai hingga 99 persen aktivitas bisnis di Indonesia, dengan lebih dari 98 persen berstatus usaha mikro.

Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia menjelaskan generasi muda Jayapura sangat potensial untuk menjadi pengusaha.

Baca juga: Dukung Pembangunan Papua, Inalum Jalin Kerja Sama dengan Uncen

Tercatat ada 18.000 UMKM di Jayapura pada tahun lalu. Untuk terus mengoptimalkan potensi ini, perlu dilakukan pembinaan yang tepat, terpadu dan berkelanjutan.

"Pandangan mengenai wirausaha sebagai pilihan sumber pendapatan berkelanjutan juga perlu diedukasi kepada kaum muda. Bisnis yang dikembangkan secara konsisten tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, bahkan komunitas sekitar," terang Siddharta.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X