Ekspor Rendah di Tengah Gejolak Ekonomi Global, Indonesia Untung?

Kompas.com - 03/05/2019, 08:01 WIB
ilustrasi Thinkstockilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kisruh pertumbuhan ekonomi global yang melambat, Indonesia justru diuntungkan karena tingkat kerendahan ekspornya.

Katarina Setiawan, Chief Economist and Investment Strategist Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) mengatakan, tingkat ekspor Indonesia yang rendah justru memberikan benefit dibanding negara-negara berekspor tinggi.

"Indonesia agak terkena benefit dari ekspornya yang rendah sehingga perlambatan ekonomi global tidak berpengaruh dibanding negara-negara dengan tingkat ekspor yang tinggi," kata Katarina Setiawan di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Baca juga: Ekonomi Membaik, Ekspor Indonesia ke China Juga Meningkat

Katarina menyebut, ekspor Indonesia hanya menyumbang 21 persen untuk Produk Domestik Bruto (PDB). Sedangkan, negara maju seperti Singapura berada di angka 153 persen dari PDB.

"Negara-negara seperti itu sayang sekali dalam keadaan global growth melambat sama sekali tidak diuntungkan," ucapnya.

Meski tidak terlalu berpengaruh, Katarina menyebut tidak perlu berbangga. Sebab, Indonesia juga harus meningkatkan ekspor karena tetap saja berpengaruh terhadap PDB besar maupun kecil.

Baca juga: RI, Malaysia, dan Thailand Turunkan Volume Ekspor Karet Ratusan Ribu Ton

Selain itu, peningkatan ekspor juga akan berperan banyak bagi ekonomi Indonesia, yaitu peningkatan keterampilan SDM, peningkatan lowongan kerja, dan pemangkasan dana APBN yang seharusnya bisa digunakan untuk mengurus masalah lain.

"Tapi ekspor juga harus ditingkatkan karena mempengaruhi beberapa persen dari PDB. Selain itu, peningkatan ekspor juga akan berperan banyak bagi pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X