Kompas.com - 03/05/2019, 15:41 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam wawancara di Komplek Masjid BI, Jumat (22/3/2019) Fika Nurul UlyaGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam wawancara di Komplek Masjid BI, Jumat (22/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, inflasi April 2019 yang diumumkan Badan Pusat Statistik sedikit lebih tinggi ketimbang prediksi mereka. BI sebelumnya memperkirakan inflasi April sebesar 0,37 persen.

Sementara realisasi inflasi April yang dilansir BPS mencapai 0,44 persen.  Salah satunya pengaruh harga sembako dan beberapa bahan makanan yang harganya sempat naik bulan lalu.

"Bahan makanan bawang merah dan cabai merah memang kemarin karena cuaca, panennya mundur seperti itu. Kedua, terkait naiknya biaya tiket," kata Perry di kompleks BI, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Perry melihat kenaikan tersebut sebagai fenomena biasa yang terjadi setiap tahun. Menjelang Ramadhan kata dia, ada faktor musimal yang membuat inflasi sedikit lebih tinggi daripada bulan lainnya. Meski begitu, secara keseluruhan, BIm emandang inflasi masih rendah dan terkendali. Ia memprediksi posisi inflasi tahunan masih aman di bawah sasaran, yakni 3,5 persen.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal Bikin Inflasi April Capai 0,44 Persen

"Kami lihat proyeksi ke depan akan tetap rendah, mengarah 3,1 persen dari titik tengah sasaran 3,5 persen," kata Perry.

Meski begitu kata Perry, BI akan terus mewaspadai dan memantau harga-harga pangan serta harga yang diatur pemerintah. Selain itu, mereka juga punya instrumen berupa Tim Pengendali Inflasi pusat dan daerah untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski indeks harga konsumen naik, namun inflasi inti pada April 2019 tetap terkendali. Inflasi inti tercatat sebesar 0,17 persen (mtm), tidak banyak berbeda dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,16 persen.

Komoditas utama penyumbang inflasi kelompok inti ialah tarif kontrak rumah, tarif sewa rumah, dan mobil. Secara tahunan, inflasi inti tercatat sebesar 3,05 persen.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.