Paxel: Pembangunan Infrastruktur Permudah Sameday Delivery

Kompas.com - 03/05/2019, 20:15 WIB
Ilustrasi jalan tol. Kementerian PUPRIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Paxel, layanan pengiriman barang berbasis teknologi digital menyebut infrastruktur mempermudah layanan pengiriman barang dalam sehari (sameday delivery).

"Pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir yang digencarkan oleh pemerintah telah membantu kami bisa mengirim barang ke luar kota dalam sehari," ucap Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Zaldy mengungkap, startup logistik miliknya juga selalu membaca big data sebelum melakukan pengiriman. Dari situ, Zaldy bisa menentukan transportasi yang sesuai untuk pengiriman barang.

"Kita pakai algoritma big data untuk menentukan transportasi yang tepat sehingga pengiriman paket luar kota akan sampai dalam satu hari. Tentunya ini karena infrastrukturnya terus dikembangkan," kata Zaldy.

Selain itu, Zaldy menyebut pengiriman paket luar kota mampu tembus dalam sehari karena menggunakan sistem estafet, yaitu penyediaan loker-loker di beberapa titik lokasi. Nantinya, paket tersebut bisa ditaruh maupun diambil oleh Hero (kurir Paxel) untuk diantarkan kepada penerima.

Berkat usaha pengiriman logistiknya, pengiriman paket selalu meningkat hingga 30 persen setiap bulannya. Tahun ini, dia berencana melakukan ekspansi ke kota-kota lain yang berpotensi seperti Medan dan Makassar.

Bahkan, dalam setahun Paxel telah memiliki peningkatan kurir hingga 1,75 persen sekitar 1.400 Hero dari 80 Hero pada tahun 2018.

Ke depannya, Zaldy berharap pemerintah meneruskan proyek infrastruktur untuk memudahkan banyak masyarakat khususnya meningkatkan pelayanan di bidang logistik.

"Kalau pemerintah gencar membangun infrastruktur di berbagai lini, sameday delivery bisa semakin cepat tersedia di pulau lain," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X