Jelang Ramadhan, Yuk Cek Harga Sembako Via Online

Kompas.com - 03/05/2019, 20:40 WIB
Ilustrasi www.shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa lagi kita akan memasuki bulan puasa atau Ramadhan. Ada kecenderung, jelang momentum ini kebutuhan pokok pun akan merangkak naik.

Sering kali mereka yang belanja ke pasar tradisional atau modern terkejut dengan peningkatan harga. Namun, kini sesorang tidak perlu lagi mengecek atau memastikan harga pergi ke pasar dan menanyakkan langsung ke pedangang. Tapi sekarang cukup lewat online.

Bagi Anda yang sering berbelanja dan ingin tahu harga komoditi bisa mengeceknya di laman Info Pangan (infopangan.jakarta.go.id). Pada laman ini tersedia beberapa menu yang menampilkan pilihan komoditi. Misalnya beras, sayur, buah, bumbu. Kemudian ayam, ikan, dan daging sapi.

Semua opsi ini ditampilkan pada laman awal di sub pilihan Belanja. Ini memberikan kemudahan dan Anda bisa mengecek harga sebuah komoditi sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Liburan saat Bulan Puasa? Jangan Abaikan ini

Di dalam opsi menu-menu tersebut, jika sudah di klik atau dipilih, maka akan ditampilkan harga komoditi yang telah dipilih, bisa dari harga paling murah hingga paling mahal.

Selain itu, di laman ini tidak hanya menampilkan harga-harga kebutuhan pokok, tetapi Anda juga bisa langsung dengan memesan atau membelinya. Di dalamnya ada proses transaksi jual beli.

"Semua produk komoditas pangan di Info Pangan Jakarta merupakan produk asli yang dijual dari merchant PT  FoodStation Tjipinang Jaya, PT Pasar Komoditi Nasional dan PD Dharma Jaya. Konfirmasi pembelian dapat dilakukan pada website resmi merchant. Semua informasi yang ada pada Info Pangan Jakarta adalah benar adanya sesuai dengan data dari merchant yang bersangkutan," tulis InfoPangan dalam websitenya.

Pada penjelasan lainnya, InfoPangan mengatakan, ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan nasional mengingat pangan memiliki nilai strategis terkait dengan kebutuhan masyarakat yang paling mendasar serta aspek ketahanan sosial, stabilitas ekonomi, stabilitas politik, dan keamanan.

Dalam kaitan tersebut, dirasakan perlu adanya pengembangan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) sebagai salah satu bagian dari penguatan program ketahanan pangan untuk mencapai tujuan akhir yaitu peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Minimnya informasi harga bahan pangan yang terpercaya akan mempengaruhi efisiensi keputusan yang diambil oleh para pelaku ekonomi di tingkat nasional dan daerah," sebut InfoPangan.

Jadi, sekarang Anda tidak perlu lagi repot-repotm pergi ke pasar untuk mengetahui harga sebuah komoditas. Sebab, kini semuanya sudah ada dalam genggaman. Selamat mencoba!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X