Kompas.com - 04/05/2019, 09:00 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) kepada petani Dok. Humas Kementerian Pertanian RIMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) kepada petani

KOMPAS.com - Pengamat asuransi pertanian Irvan Rahardjo mengapresiasi program Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) yang digencarkan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada petani.

Terlebih, Kementan mempunyai target jelas soal berapa banyak luas lahan sawah yang perlu dilindungi AUTP. 

Asal tahu saja, saat ini luas sawah yang telah masuk dalam AUTP jumlahnya cukup signifikan.

Irvan mengatakan, saat ini luas sawah yang telah masuk dalam AUTP mulai 2015 hingga triwulan pertama 2019 mencapai sekitar 2.549.903 hektar (ha).

“Meskipun masih jauh dari target 14 juta ha sawah, tapi dalam empat tahun mampu menembus mendekati 1 juta ha lahan sawah. Ini tidak bisa dianggap sepele,” ujar Irvan melalui rilis yang Kompas.com terima, Jumat (3/4/2019).

Irvan menambahkan, dengan AUTP kini petani tak perlu khawatir lagi jika sawahnya gagal panen karena banjir, kekeringan, dan hama.

Melalui AUTP, para petani juga dapat merasakan pemberdayaan dan pembinaan yang menjadi tujuan kerja Kementan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Meskipun tidak memperoleh penggantian kerugian seluruhnya, tapi asuransinya membantu petani bila gagal panen. Ada subsidi premi 80 persen dari pemerintah,” ucap Irvan.

Subsidi pupuk

Irvan mengimbau, ke depannya mengenai AUTP perlu peningkatan koordinasi yang lebih efektif lagi dengan kelompok usaha tani. Misalnya, dapat dikaitkan dengan skema subsidi pupuk pertanian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.