Yuk, Simak Tips Beli Bahan Pangan saat Ramadhan

Kompas.com - 06/05/2019, 15:12 WIB
Ilustrasi belanja buah JupiterimagesIlustrasi belanja buah

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan, aneka produk makanan dan minuman akan beredar dengan luas. Baik bahan pangan olahan maupun pangan segar.

Agar publik bisa mendapatkan bahan makanan yang sehat dan higienis, berikut tips dan rekomendasi dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI).

Pertama, pastikan bahan pangan tersebut aman untuk dikonsumsi. Caranya adalah, memastikan makanan atau minuman kemasan memiliki izin edar Badan POM/Dinkes, tanggal kadaluwarsa, bahkan ada label halalnya.

Jangan lupa, cek kemasannya, jika sudah rusak, atau penyok jangan dipilih.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Yuk Cek Harga Sembako Via Online

Kedua, pastikan bahan pangan tersebut tidak tercemar bahan berbahaya. Tinggalkan jika warnanya terlalu mencolok, seperti terlalu kuning, terlalu hijau, terlalu merah, ataupun  baunya terlalu menyengat.

Ketiga, pastikan bahan pangan tersebut tidak dikemas dengan bahan kemasan yang tidak sehat dan merusak lingkungan. Misalnya menggunakan sterofoam, koran bekas, apalagi untuk makanan terbuka, panas, dan berlemak tinggi, misalnya gorengan.

Keempat, jika pangan olahan dan pabrikan, pastikan tercantum nama dan alamat yang jelas dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini untuk memudahkan jika kita akan melakukan keluhan.

“Konsumsilah makanan secara wajar dan jangan berlebihan. Jangan sampai bahan pangan yang kita konsumsi banyak menyisakan sampah makanan (food waste),” kata Tulus Abadi, Ketua Harian YLKI, Senin (6/5/2019). (Asnil Bambani Amri)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Yuk simak tips membeli bahan pangan saat ramadan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X