Kartu Nama hingga Jabat Tangan, 5 Etiket di Kantor yang Terlupakan

Kompas.com - 06/05/2019, 17:41 WIB
Ilustrasi jabat tangan atau salaman justockerIlustrasi jabat tangan atau salaman

NEW YORK, KOMPAS.com - Dengan berkembangnya teknologi dan perbedaan perilaku generasi di lingkungan kerja, maka etiket di kantor pun berlahan bergeser. Ada sejumlah etiket di lingkungan kerja yang dianggap kuno dan cenderung dilupakan.

Dikutip dari Reader's Digest, Senin (6/5/2019), berikut ini adalah 5 etiket di kantor yang kini sudah dilupakan.

1. Masuk kerja saat sakit

Ilustrasi batuk dan bersinClaudioValdes Ilustrasi batuk dan bersin

"Jangan pernah membawa kuman Anda ke tempat kerja," kata pakar etiket Jacqueline Whitmore.

Menurut dia, ada kalanya pegawai dipuji ketika memilih untuk tetap bekerja di kantor saat sakit seperti demam atau batuk. Namun, saat ini bekerja kian mudah dan tidak perlu datang ke kantor untuk bekerja.

Jadi, menurut Whitmore, daripada Anda menyebarkan virus dan kuman di kantor karena penyakit Anda, ada baiknya memilih untuk tidak bekerja dari kantor saat sakit.

2. Mencantumkan kata bijak di e-mail

Ilustrasi e-mailSHUTTERSTOCK Ilustrasi e-mail

"Kecuali merupakan misi perusahaan, mencantumkan kata bijak dari orang-orang terkenal pada signature e-mail Anda harus dihindari. Meskipun kata bijak itu beresonansi dengan Anda, ini bisa memberikan emosi negatif pada pembacanya," jelas Jill Gugino Pante, direktur Lerner Career Services Center, University of Delaware.

Pante mengungkapkan, apabila hal tersebut terjadi, maka pesan yang Anda kirimkan bisa disalahartikan, tergantung pada bagaimana si penerima menginterpretasikan kata bijak tersebut.

3. Memberikan kartu nama

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X