Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Indonesia Lampaui Target Produksi Pupuk Kuartal Pertama

Kompas.com - 06/05/2019, 19:12 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk Indonesia berhasil lampaui target produksi nasional pada kuartal pertama tahun 2019. Produksi perseroan mencapai 2.664.924 ton untuk seluruh jenis pupuk antara lain urea, NPK, ZA, SP-36, dan produk lainnya.

Produksi itu melampaui target yang ditetapkan sebesar 2.469.500 ton. Produksi tersebut juga telah mencapai 22.9% dari total target produksi sepanjang 2019, yaitu sebanyak 11.625.000 ton.

"Jumlah produksi di kuartal pertama tahun ini terbilang positif. Pabrik yang kita miliki ini beroperasi optimal dengan rate cukup tinggi," kata Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana, Senin (6/5/2019).

Kendati demikian, lanjut Wijaya, Pupuk Indonesia akan tetap menjaga efisiensi melalui penggunaan gas yang efisien untuk produk pupuk urea dan amoniak. Tercatat hingga Maret 2019 lalu konsumsi gas urea sebesar 28,19 MMBTU/ton dari target penggunaan gas sebesar 29,07 MMBTU/ton.

"Kami tetap upayakan efisiensi penggunaan gas bumi dengan menjaga performa semua pabrik pupuk kami di sepanjang kuartal pertama tahun ini," tambah Wijaya.

Wijaya menambahkan, efisiensi penggunaan gas dalam proses produksi perlu dilakukan untuk menekan biaya produksi dan mengoptimalkan jumlah produksi.

"Dengan kemampuan produksi yang melampaui target ini kami mestinya bisa memenuhi kebutuhan petani, terutama di sektor subsidi yang sebesar 8,8 juta ton tahun ini," ujar Wijaya.

Sebagai catatan terbaru, kapasitas produksi Pupuk Indonesia sampai saat ini mencapai 13.752.500 ton produk pupuk dan 8.694.500 ton produk nonpupuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com