Ketepatan Waktu Lion Air Naik Jadi 85,78 Persen di Kuartal I 2019

Kompas.com - 07/05/2019, 08:09 WIB
Pesawat Lion Air di Bandara APT Pranoto Samarinda Kalimantan Timur beberapa waktu lalu KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoPesawat Lion Air di Bandara APT Pranoto Samarinda Kalimantan Timur beberapa waktu lalu

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air mencatat kinerja ketepatan waktu atau on time performance (OTP) di kuartal I 2019 mencapai 85,78 persen. Persentasenya naik sekitar 32,7 persen dari perolehan 2018 sebesar 65,3 persen dan 64,6 persen di 2017 pada periode yang sama.

Data OTP tersebut merupakan hasil laporan Integrated Operation Control Center (IOCC) Lion Air Group secara bersamaan dan tepat waktu. Penghitungan dilakukan berdasarkan pergerakan pesawat saat keberangkatan dan kedatangan dalam waktu kurang 15 menit dari jadwal yang ditentukan di bandar udara skala besar dan menengah.

"Pencapaian OTP 85,78 persen pada kuartal I/2019 merupakan tantangan dan peluang Lion Air dalam mempertahankan kinerja serta mempersiapkan ke level ketepatan waktu operasional terbaik," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Senin (6/5/2019).

Sementara OTP pada April 2019 yakni 85,2 persen. Adapun total penerbangan sepanjang bulan lalu sebanyak 12.300 penerbangan dari rata-rata 400-420 frekuensi terbang per hari, baik tujuan domestik dan internasional.

Baca juga: CEO Boeing Sebut Kecelakaan Ethiopian Airlines dan Lion Air Karena Pilot Tak Ikuti Prosedur

Danang mengatakan, OTP April tahun ini menunjukkan pertumbuhan 23 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"OTP April 2018 menunjukkan angka tertinggi, dibandingkan 69,2 persen di bulan yang sama pada 2018 dan 64,9 persen pada 2017," kata Danang.

Danang mengatakan, pihaknya mengapresiasi travelers atas kontribusi mendukung ketepatan waktu penerbangan, mulai dari proses pelaporan (check in) hingga tiba di tujuan.

Hal tersebut mampu menunjang kelancaran operasional. Lion Air juga berterima kasih atas peran aktif kru pesawar dan karyawan dalam membentuk ketepatan waktu ini.

Lion Air mengoptimalkan pesawat dengan mengelola pergerakan pesawat disesuaikan jarak pada rute, infrastruktur bandar udara, tingkat keterisian penumpang dan sebagainya.

Lion Air menggunakan sistem terstruktur dan berkesinambungan antara perawatan pesawat, tim operasional, serta keputusan yang cepat guna menentukan rotasi baru jika ada hambatan yang terjadi di lapangan. Hal ini dilakukan untuk mengurai dampak keterlambatan penerbangan.

"Lion Air memiliki keseriusan untuk meningkatkan OTP dalam upaya memberikan layanan terbaik termasuk membawa wisatawan dan pebisnis ke tujuan tepat waktu, sekaligus menjawab dinamika serta permintaan pasar di era millennials traveling," kata Danang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X