Butuh Pengalaman untuk Mengisi Resume Pekerjaan? Simak 3 Cara Berikut

Kompas.com - 07/05/2019, 12:37 WIB
Ilustrasi mencari pekerjaan fizkesIlustrasi mencari pekerjaan

KOMPAS.com - Jika Anda telah keluar dari seuah pekerjaan dan memutuskan untuk mengambil jeda cukup lama untuk kembali bekerja, Anda harus berupaya lebih keras dalam pencarian kerja berikutnya.

Seperti dikutip dari Forbes, Selasa (7/5/2019), dijelaskan, dalam proses pencarian kerja Anda terdapat kesenjangan yang membuat Anda terlihat sebagai pengangguran bagi para perekrut.

Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mudah untuk mengisi kesenjangan tersebut. Sehingga, Anda bisa mencegah munculnya pertanyaan-pertanyaan mengenai waktu kesenjangan Anda sembari meyakinkan perekrut bahwa Anda masih menggeluti bidang Anda.

Berikut 3 cara yang bisa Anda ikuti untuk mengisi kesenjangan tersebut:

1. Terlibat dalam sebuah pergerakan atau perkumpulan

Terlibatlah dalam sebuah asosiasi atau menjadi sukarelawan di bidang-bidang yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda minati. Jangan hanya terlibat dalam sebuah asosiasi saja, akan tetapi aktiflah dalam mengikuti setiap kegiatan dan jadilah bagian dari kepengurusan.

Kemudian, masukkan pekerjaan sukarelawan ini dalam bagian teratas resume Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan mengambil pengalaman berorganisasi atau mengambil peran-peran dengan nilai leadership dalam sebuah asosiasi atau kesempatan lain, Anda bisa mengisi kesenjangan dalam resume sekaligus mendapatkan keuntungan lain.

Anda bisa mendapatkan akses ke kesempatan-kesempatan yang lebih besar melalui koneksi yang Anda dapatkan dalam asosiasi tersebut. Anda juga akan mendapatkan ide-ide dan keterampilan baru yang bisa membantu Anda terlihat memiliki keterampilan mutakhir bagi calon pemberi kerja kelak.

2. Bekerja tanpa upah untuk teman atau kerabat dekat

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.