Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Kembali Diingatkan untuk Tidak Pakai Sepeda Motor

Kompas.com - 07/05/2019, 16:51 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor ketika mudik lebaran nanti. Sebab, penggunaan roda dua sebagai moda trasnportasi sangat berisiko dan berbahaya.

"Yang lebih bahaya kalau mudik pakai (sepeda) motor. Kami selalu menyampaikan kepada masyarakat jangan naik motor kalau mudik," kata Budi Karya ditemui di Bandung, Selasa (7/5/2019).

Budi Karya mengungkapkan, tahun lalu angka kecelakaan sepeda motor pada masa angkutan lebaran terbilang tinggi dari jenis kendaraan lain. Bahkan, angkanya mencapai 70 persen.

"Karena bahaya. (Penyebabnya) karena capek," ujarnya.

Selain kendaraan roda dua, Menhub juga tidak menyarankan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi sebagai pilihan trasnportasi. Pasalnya, penggunaan itu akan berdampak pada volume kendaraan yang padat di jalan baik di ruas tol maupun jalan negara atau nasional.

"Karena kalau (pengunaan) kendaraan pribadi makin banyak, makin menimbulkan kemacetan juga," sebutnya.

Menhub menilai, sejauh ini sudah banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan masyarakat untuk berpergiaan. Khususnya ketika masa mudik lebaran nanti.

Apalagi dari sisi kualitas dan keamanan sudah cukup mimpuni. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan angkutan umum.

"Kami juga sampaikan kepada mereka, jalan tol juga bisa pakai bis, bisa cepat. Pemerintah juga konsisten menyediakan mudik gratis. Ada kereta api, bus, dan kapal laut," imbuhya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com