Ternyata, 6 Kebiasaan Unik Investasi Milenial Ini Patut Disimak

Kompas.com - 08/05/2019, 13:17 WIB
Ilustrasi investasiwww.shutterstock.com Ilustrasi investasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Generasi milenial dipandang memiliki perilaku yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Ini termasuk pula perilaku dalam berinvestasi.

Namun, bukan berarti perilaku investasi milenial tidak patut untuk dipelajari. Generasi-generasi sebelum maupun setelah milenial pun dapat mempelajari perilaku investasi milenial.

Dikutip dari The Balance, Rabu (8/5/2019) berikut ini adalah kebiasaan investasi unik milenial yang patut Anda pelajari.

1. Dana pensiun belum jadi prioritas

Tidak mengejutkan bahwa menyisihkan pendapatan untuk pensiun belum jadi prioritas bagi sebagian besar milenial. Sebuah survei yang dilakukan di AS bertajuk The 18th Annual Transamerica Retirement menyebut hanya 45 persen milenial yang menjadikan dana pensiun sebagai prioritas keuangan mereka.

Sementara itu, 67 persen milenial mengaku membayar utang sebagai prioritas mereka.

Baca juga: 4 Pertanyaan Besar Milenial soal Mengelola Uang

2. Menghindari risiko

Banyak milenial yang masih ingat kondisi krisis keuangan global. Dalam kondisi tersebut, tidak sedikit anggota keluarganya kehilangan harta di pasar modal atau pekerjaan.

Ingatan tersebut membuat mereka menghindari risiko investasi di pasar modal. Survei yang dilakukan Bankrate menyebut bahwa 30 persen milenial memandang uang tunai sebagai investasi favorit mereka, sementara generasi-generasi lainnya menyebut saham.

3. Ingin pensiun tepat waktu atau lebih cepat

Riset menunjukkan bahwa milenial tidak berkeinginan bekerja sampai tua. Meskipun 69 persen generasi baby boomers mengatakan ingin bekerja hingga melampaui usia 65 tahun, namun 58 persen milenial menyatakan ingin sudah pensiun pada usia tersebut.

Hal ini berdasarkan survei bertajuk Transamerica Retirement Survey. Bahkan, banyak milenial yang disurvei mengatakan mereka berharap dapat pensiun lebih cepat.

Halaman:



Close Ads X