Starbucks Dapat Iklan Gratis Senilai Rp 32,9 Triliun di Game of Thrones?

Kompas.com - 08/05/2019, 19:39 WIB
Kemunculan secangkir kopi Starbucks pada salah satu adegan Game of Thrones episode The Last of the Starks yang menghebohkan. The VergeKemunculan secangkir kopi Starbucks pada salah satu adegan Game of Thrones episode The Last of the Starks yang menghebohkan.

NEW YORK, KOMPAS.com - Jaringan gerai kopi Starbucks dikabarkan memperoleh iklan gratis yang seharusnya bernilai 2,3 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 32,9 triliun. Ini terjadi setelah segelas kopi modern tampak pada episode terbaru Game of Thrones.

Ternyata, gelas kopi tersebut bukan milik Starbucks. Akhir pekan lalu, para pecinta Game of Thrones memperhatikan ada sesuatu yang janggal pada sebuah adegan Game of Thrones, yakni gelas kopi modern di atas meja. Foto dan video adegan janggal itu pun viral di media sosial hanya dalam hitungan jam.

Dikutip dari CNBC, Rabu (8/5/2019), label pada gelas kopi tersebut tampak samar. Namun, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa logo yang tertera pada gelas kopi itu adalah logo legendaris Starbucks.

Baca juga: Produser Game of Thrones Meminta Maaf atas Cameo Kopi Starbucks yang Menghebohkan

Akan tetapi, logo itu bukan logo Starbucks. Stacy Jones, CEO perusahaan pemasaran Hollywood Branded menyatakan, nilai "iklan kilat" tersebut diestimasikan mencapai 2,3 miliar dollar AS.

Pernyataan Jones didasarkannya pada data mention alias penyebutan Starbucks dan Game of Thrones sebanyak 10,627 kali, baik di dunia maya, televisi, maupun radio di seluruh dunia.

"Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi Starbucks. Namun, sebenarnya ini hanya pucuk gunung es, karena yang tidak dimonitor atau diestimasikan adalah pembicaraan langsung atau melalui media sosial," kata Jones.

Baca juga: Starbucks Jadi Salah Satu Penyumbang Pendapatan Terbesar bagi MAP

Pihak Starbucks enggan mengomentari hal ini. Namun, pada Selasa (7/5/2019) waktu setempat, adegan yang ada gelas kopi tersebut sudah diedit.

Akan tetapi, pembicaraan mengenai episode "cameo" Starbucks tersebut terus berlanjut, baik di Twitter maupun Reddit.

Fakta bahwa banyak orang mengasosiasikan cangkir kopi tersebut dengan Starbucks adalah tanda betapa kuatnya brand Starbucks.

"Starbucks hampir selalu disinonimkan dengan kopi. Sehingga, dapat dipahami bahwa pemirsa mengasumsikan cangkir pada adegan itu adalah milik mereka (Starbucks)," jelas Charell Star, direktur konten dan inovasi di Essence.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.