Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starbucks Dapat Iklan Gratis Senilai Rp 32,9 Triliun di Game of Thrones?

Kompas.com - 08/05/2019, 19:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Jaringan gerai kopi Starbucks dikabarkan memperoleh iklan gratis yang seharusnya bernilai 2,3 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 32,9 triliun. Ini terjadi setelah segelas kopi modern tampak pada episode terbaru Game of Thrones.

Ternyata, gelas kopi tersebut bukan milik Starbucks. Akhir pekan lalu, para pecinta Game of Thrones memperhatikan ada sesuatu yang janggal pada sebuah adegan Game of Thrones, yakni gelas kopi modern di atas meja. Foto dan video adegan janggal itu pun viral di media sosial hanya dalam hitungan jam.

Dikutip dari CNBC, Rabu (8/5/2019), label pada gelas kopi tersebut tampak samar. Namun, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa logo yang tertera pada gelas kopi itu adalah logo legendaris Starbucks.

Baca juga: Produser Game of Thrones Meminta Maaf atas Cameo Kopi Starbucks yang Menghebohkan

Akan tetapi, logo itu bukan logo Starbucks. Stacy Jones, CEO perusahaan pemasaran Hollywood Branded menyatakan, nilai "iklan kilat" tersebut diestimasikan mencapai 2,3 miliar dollar AS.

Pernyataan Jones didasarkannya pada data mention alias penyebutan Starbucks dan Game of Thrones sebanyak 10,627 kali, baik di dunia maya, televisi, maupun radio di seluruh dunia.

"Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi Starbucks. Namun, sebenarnya ini hanya pucuk gunung es, karena yang tidak dimonitor atau diestimasikan adalah pembicaraan langsung atau melalui media sosial," kata Jones.

Baca juga: Starbucks Jadi Salah Satu Penyumbang Pendapatan Terbesar bagi MAP

Pihak Starbucks enggan mengomentari hal ini. Namun, pada Selasa (7/5/2019) waktu setempat, adegan yang ada gelas kopi tersebut sudah diedit.

Akan tetapi, pembicaraan mengenai episode "cameo" Starbucks tersebut terus berlanjut, baik di Twitter maupun Reddit.

Fakta bahwa banyak orang mengasosiasikan cangkir kopi tersebut dengan Starbucks adalah tanda betapa kuatnya brand Starbucks.

"Starbucks hampir selalu disinonimkan dengan kopi. Sehingga, dapat dipahami bahwa pemirsa mengasumsikan cangkir pada adegan itu adalah milik mereka (Starbucks)," jelas Charell Star, direktur konten dan inovasi di Essence.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com