Tarif Batas Atas Diturunkan, AirAsia Tak Khawatir

Kompas.com - 09/05/2019, 04:01 WIB
CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERACEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan memastikan jika pemerintah menurunkan trif batas atas tiket pesawat tak akan berdampak pada bisnis mereka. Sebab, AirAsia selama ini tak pernah mematok harga tiket di tarif batas atas yang telah ditentukan pemerintah.

“AirAsia sendiri sebenarnya tidak melihat kebijakan ini sebagai sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena pada kenyataannya harga tiket kami termasuk yang paling terjangkau di 8 rute domestik yang kami operasikan,” ujar Dendy kepada Kompas.com, Kamis (9/5/2019).

Dendy mengaku pihaknya berkomitmen untuk terus menyediakan tiket dengan harga terjangkau baik di rute domestik maupun internasional. Hal ini terjadi karena AirAsia bisa terus menjaga agar biaya operasionalnya tetap efisien.

“Bahkan unit biaya cost per available seat kilometre (CASK) kami merupakan salah satu yang paling rendah di Asia Tenggara,” kata Dendy.

Dendy berharap masyarakat terus menggunakan layanan dari AirAsia. Hal tersebut dibutuhkan agar pihaknya dapat terus menawarkan harga terjangkau kepada masyarakat, serta mengembangkan jaringan penerbangan domestiknya ke lebih banyak kota di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan menurunkan tarif batas atas pesawat.

Hal itu ia sampaikan usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (6/5/2019).

Rapat di kantor Kemenko Perekonomian dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Turut hadir Menteri BUMN Rini Soemarno dan perwakilan Garuda Indonesia.

Ia juga menegaskan, tarif batas atas baru nanti berlaku untuk semua maskapai, termasuk maskapai full service.

Budi mengatakan, penurunan tarif batas atas bisa dilakukan demi kepentingan masyarakat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X