Mudik Pakai Pesawat atau Mobil Pribadi, Mana Lebih Murah?

Kompas.com - 09/05/2019, 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim mudik lebaran sudah di depan mata. Namun bagi Anda yang biasa mudik menggunakan pesawat mungkin akan pusing karena harga tiketnya yang mahal.

Meski begitu, Anda masih punya alternatif lain. Salah satunya yakni menggunakan mobil pribadi.

Berikut Kompas.com komparasikan biaya yang harus di keluarkan untuk mudik menggunakan dua moda tersebut ke Surabaya dan Yogyakarta:

1. Jakarta-Surabaya

Pesawat

Mengacu kepada daftar harga tiket pesawat di agen travel online, Anda perlu mengeluarkan kocek lebih dari Rp 1 juta untuk membeli tiket Jakarta-Surabaya.

Pada 30 Mei 2019 atau H-7 Lebaran, harga tiket pesawat Lion Air rute Jakarta-Surabaya mencapai Rp 1,22 juta, Citilink Rp 1,33 juta, Sriwijaya Air Rp 1,44 juta, Batik Air Rp 1,40 juta - Rp 1,59 juta.

Adapun tiket pesawat maskapai full service Garuda Indonesia ada di kisaran Rp 1,64 juta - Rp 1,99 juta.

Sementara itu untuk tanggal 1-4 Juni 2019, harga tiket pesawat ke rute yang sama ada di kisaran yang kurang lebih sama dengan tanggal 30 Mei 2019.

Mobil Pribadi

Sementara itu bila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, setidaknya ada dua biaya yang harus disiapkan yakni tarif tol dan tentu saja uang bensin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.