Tiket Pesawat Mahal? Tenang, Tarif Kereta untuk Mudik Sama dengan Tahun Lalu

Kompas.com - 09/05/2019, 07:07 WIB
ilustrasi kursi kosong kereta apiShutterstock ilustrasi kursi kosong kereta api

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang mengeluhkan tingginya tarif pesawat sejak awal 2019. Jika di hari biasa saja sudah bikin kantong jebol, sudah terbayang berapa harga tiket pesawat jelang Lebaran. Tahun ini, kenaikan harga tiket pesawat bisa naik lebih dari separuh harga tahun lalu.

Hal ini membuat mudik terasa memberatkan. Tapi, tenang saja. Anda bisa menggunakan moda alternatif seperti kereta untuk pulang ke kampung tercinta.

Harga tiket kereta di bulan Ramadhan hingga Lebaran tahun ini tak ada perbedaan dengan tahun lalu. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo pun menegaskan hal tersebut.

"Tidak ada kenaikan harga tiket dari tahun lalu," kata Edy kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Masyarakat Pilih Bus Saat Mudik

Sejumlah pengguna moda kereta api untuk mudik juga menyatakan tak ada perbedaan harga tiket dari taun lalu dengan tahun ini. Meski ada kenaikan harga dibandingkan biasanya, mereka menganggapnya hal yang biasa terjadi jelang Lebaran.

"Sama saja, sekitar Rp 750.000. Enggak ada kenaikan signifikan, ya segitu saja terus," ujar salah satu pengguna kereta api jarak jauh, Tri Sulis.

Ia biasanya menggunakan kereta api untuk kembali dari kampungnya di Malang ke Jakarta.

Hal senada juga disampaikan Agam yang menjadi pelanggan setia kereta api setiap pulang ke rumahnya di Brebes. Biasanya, Agam memesan tiket kereta jauh-jauh hari, sekitar 1,5 bulan sebelum Lebaran.

"Harga normal itu Rp 180.000 untuk eksekutif. Kalau Lebaran jadi Rp 300.000. Kayak begitu terus (setiap mudik)," kata Agam.




Close Ads X