Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Typo" di Uang Kertas 50 Dollar Australia, Apa Masih Berlaku?

Kompas.com - 10/05/2019, 05:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

SYDNEY, KOMPAS.com — Uang kertas terbaru pecahan 50 dollar Australia ternyata menyimpan sebuah kesalahan kecil yang fatal. Ada kesalahan penulisan alias typo yang memalukan meski kata tersebut dicetak dalam ukuran kecil.

Dikutip dari BBC, Jumat (10/5/2019), bank sentral Reserve Bank of Australia (RBA) salah menuliskan kata responsibility yang berarti "tanggung jawab" menjadi responsibilty pada jutaan bilyet uang kertas baru yang berwarna kuning tersebut.

RBA pun mengonfirmasi kesalahan penulisan tersebut pada Kamis (9/5/2019) dan menyatakan kesalahan tersebut akan diperbaiki pada putaran pencetakan uang tersebut berikutnya.

Baca juga: Uang Kertas Tahun Emisi 1998-1999 Tak Berlaku, BI Tak Terima Penukaran

Akan tetapi, sekitar 46 juta lembar uang kertas baru pecahan 50 dollar Australia tersebut sudah beredar di penjuru Negeri Kanguru tersebut. Uang kertas itu diluncurkan pada 2018 dan menampilkan gambar Edith Cowan, perempuan pertama yang menjadi anggota parlemen Australia.

Yang terlihat pada latar belakang potret Cowan adalah barisan teks yang merupakan kutipan pidato pertamanya di hadapan parlemen.

"It is a great responsibility to be the only woman here, and I want to emphasise the necessity which exists for other women being here" atau yang berarti "Ini adalah tanggung jawab besar menjadi satu-satunya perempuan di sini, dan saya ingin menekankan pentingnya ada perempuan lainnya di sini," demikian kutipan pidato Cowan, yang dicetak berkali-kali dalam ukuran sangat kecil.

Baca juga: China Luncurkan Uang Kertas Edisi Khusus, tetapi...

Namun, dalam kutipan tersebut, tercantum kata responsibilty tanpa huruf i.

Butuh waktu lebih dari enam bulan bagi seseorang dengan menggunakan kaca pembesar yang bagus untuk menemukan typo itu.

Sebagai informasi, uang kertas denominasi 50 dollar Australia adalah pecahan yang paling banyak beredar di Australia. Uang kertas tersebut pun paling banyak ditemukan di mesin ATM.

Di sisi lain uang tersebut ditampilkan potret penulis David Unaipon yang berasal dari suku Aborigin.

Baca juga: Di Jerman, Ada Uang Kertas 0 Euro Bergambar Karl Marx

Adapun uang kertas baru yang terlihat ada typo tersebut diedarkan pada Oktober 2018. Uang ini menampilkan fitur-fitur keamanan baru untuk memperbaiki aksesibilitas dan mencegah pemalsuan.

Meskipun ada typo, hingga saat ini uang kertas pecahan 50 dollar Australia tersebut masih menjadi alat pembayaran yang sah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com