Fintech Equity Crowdfunding, Alternatif Investasi yang Milenial Banget

Kompas.com - 10/05/2019, 07:46 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial kerap menjadi pangsa pasar berbagai produk teknologi keuangan alias fintech. Tak terkecuali untuk instrumen equity crowdfunding.

Dengan harga beli yang relatif terjangkau, makin memudahkan milenial untuk mulai berinvestasi. Bahkan ada produk yang menawarkan urun dana mulai dari Rp 5.000.

Dari sisi jumlah pun milenial potensial mendominasi jumlah penduduk usia produktif di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Co Founder Likuid Kenneth Tali mengatakan, milenial nyaman berinvestasi dengan platform online karena teknologi sangat melekat dalam keseharian.

Baca juga: Investasi Lewat Equity Crowd Funding, Apa Itu?

"Mereka bisa dengan mudah mengakses. Mereka juga haus akan pengetahuan dan edukasi di sektor investasi," ujar Kenneth di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Likuid memastikan bahwa perusahaan yang mereka tawarkan ke investor berkualitas, terutama yang sudah memiliki produk. Menurut dia, membawa produk yang sudah teruji di publik akan lebih mudah untuk menghimpun dana.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini disebabkan milenial cenderung berinvestasi ke perusahaan yang mereka percaya.

"Jadi bagaimana caranya orang yang sudah percaya kita dari awal, bisa stick. Caranya, user dari sebuah produk bisa menginvestasikan sesuatu yang setiap hari mereka pakai," kata Kenneth.

Baca juga: Berinvestasi Lewat Equity Crowdfunding, Apa Kelebihannya dibanding Platform Lain?

Meski begitu, equity crowdfunding berbeda dengan IPO maupun investasi lainnya karena terbatas maksimal 300 investor. Likuid sendiri fokus pada pendanaan pengembangan startup dan industri kreatif, di mana melekat dengan aktivitas anak muda saat ini.

Mereka dianggap lebih paham seluk beluk dunia tersebut termasuk risikonya. Hal ini juga yang membuat milenial menjadi sasaran potensial bagi equity crowdfunding.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X