BI Siapkan 2.900 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran

Kompas.com - 10/05/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri selalu ramai setiap tahun. Masyarakat berbondong-bondong menukarkan uangnya dengan pecahan dengan nilai yang lebih kecil.

Hal ini biasanya dilakukan untuk keperluan bagi-bagi uang kepada anak-anak, sanak saudara atau tetangga saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi Anda yang berencana menukarkan uang jelang lebaran, tak perlu khawatir. Sebab Bank Indonesia menyiapkan ribuan titik penukaran uang mulai 13 Mei 2019 hingga 1 Juni 2019.

"Bank Indonesia menyiapkan layanan penukaran uang di 2900 titik penukaran di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil)," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Nantinya BI akan membuka kegiatan kas keliling di berbagai titik keramaian. Mulai dari kantor perbankan, dan instansi lain termasuk di jalur mudik.

Kebutuhan uang kartal pada periode Ramadan atau Idul Fitri tahun ini diperkirakan sebesar Rp217,1 triliun atau tumbuh 13,5 persen (yoy) dibandingkan periode tahun lalu. 

Menurut Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, kenaikan ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada libur panjang serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta.

Kenaikan kebutuhan uang pada periode tahun ini diperkirakan terjadi di seluruh satker kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp 51,5 triliun.

BI mengingatkan masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang. 

Masyarakat dihimbau agar selalu memperhatikan Ciri Keaslian Rupiah dengan Dilihat, Diraba dan Diterawang serta Cara Merawat Rupiah dengan 5 Jangan yakni Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X