Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siapkan 2.900 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran

Kompas.com - 10/05/2019, 17:00 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri selalu ramai setiap tahun. Masyarakat berbondong-bondong menukarkan uangnya dengan pecahan dengan nilai yang lebih kecil.

Hal ini biasanya dilakukan untuk keperluan bagi-bagi uang kepada anak-anak, sanak saudara atau tetangga saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi Anda yang berencana menukarkan uang jelang lebaran, tak perlu khawatir. Sebab Bank Indonesia menyiapkan ribuan titik penukaran uang mulai 13 Mei 2019 hingga 1 Juni 2019.

"Bank Indonesia menyiapkan layanan penukaran uang di 2900 titik penukaran di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil)," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Nantinya BI akan membuka kegiatan kas keliling di berbagai titik keramaian. Mulai dari kantor perbankan, dan instansi lain termasuk di jalur mudik.

Kebutuhan uang kartal pada periode Ramadan atau Idul Fitri tahun ini diperkirakan sebesar Rp217,1 triliun atau tumbuh 13,5 persen (yoy) dibandingkan periode tahun lalu. 

Menurut Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, kenaikan ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada libur panjang serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta.

Kenaikan kebutuhan uang pada periode tahun ini diperkirakan terjadi di seluruh satker kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp 51,5 triliun.

BI mengingatkan masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang. 

Masyarakat dihimbau agar selalu memperhatikan Ciri Keaslian Rupiah dengan Dilihat, Diraba dan Diterawang serta Cara Merawat Rupiah dengan 5 Jangan yakni Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com