Waktu Ini Jadi Puncak Penarikan Uang Selama Ramadhan

Kompas.com - 10/05/2019, 17:32 WIB
Ilustrasi rupiah. THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDIIlustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ros­maya Hadi, mengatakan, minggu keempat Ramadhan menjadi waktu puncak penarikan uang yang dilakukan masyarakat. Ini sudah menjadi tren atau kebiasaan dari tahun ke tahun.

"Realiasasi penarikan untuk harian dan mingguna itu biasanya, sesuai pola tahun demi tahun. Periode minggu keempat Ramdhan lah menjadi puncak penarikan," kata Ros­maya dalam jumpa pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Ros­maya menuturkan, penarikan pada minggu pertama hingga ketiga selama periode Ramadhan akan cenderung kecil. Sehingga, kanaikannya akan sangat moncolok dan terlihat pada minggu selanjutnya.

"Jadi minggu pertama biasanya masih sepi," ungkapnya.

Baca juga: Warren Buffett: Sumber Kebahagiaan Saya Bukan dari Memilki Uang Banyak

Dia menyebutkan, realisasi penarikan uang oleh masyarakat pada pengujung Ramadhan diperkirakan lebih dari setenganya dari total yang disediakan.

"Jumlah outlook pada minggu keempat diperkirakan mencapai sekitar 50 atau 60 persen dari total outlook selama Ramadhan," jelasnya.

Di samping itu, BI memperkirakan kebutuhan uang kartal pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini mencapai Rp 217,1 trliun. Angka ini meningkat sebesar 13,5 persen (yoy) dibanding pada periode yang sama tahun lalu.

Bahkan secara historisnya, rata-rata dalam lima tahun kenaikannya sebesar 13,5 persen.

"Khusus untuk 2019 ini, meningkatnya adalah 13,5 persen. Jadi sekarang secara nasional itu kebutuhan akan uang tunai sebesar 217, 1 triliun," tambahnya.

Besarnya kebutuhan uang tunai tahun ini karena disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk antisipasi kebijakan pemerintah. Kemudian kenaikan UMR ketenagakerjaan dan pelaksanaan Pemilu yang dilakukan di periode Ramadhan.

"Ini yang men-triger naik 13,5 persen tadi," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X