Simak, Tips Mudik Aman dan Nyaman

Kompas.com - 11/05/2019, 12:35 WIB
Ilustrasi liburan dengan mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi liburan dengan mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim mudik lebaran sudah ada di depan mata. Pulang ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga tentu saja menjadi momen yang dinantikan.

Namun, bagi Anda yang akan mudik lebaran, ada baiknya untuk tetap berhati-hati selama perjalanan. Sebab momen mudik juga kerap dimanfaatkan segelintir orang untuk melalukan tindakan kriminal.

Bagi Anda pengguna kendaraan pribadi, kewaspadaan juga penting. Pastikan waktu istirahat Anda cukup selama perjalanan agar tetap fokus berkendara.

"Kami informasikan bahwa jalan tol bukan satu-satunya pilihan mudik, jalan arteri telah tersedia dengan kondisi baik yang dapat digunakan untuk mudik aman dan selamat," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah, Sabtu (11/5/2019).

Baca juga: Ada 15 Tempat Penukaran Uang di Jalur Mudik, Ini Lokasinya

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan memberikan sejumlah tips mudik aman dan nyaman. Berikut tipsnya.

  • Bagi Anda yang mudik menggunakan bus, pastikanlah kendaraan Anda sesuai dengan tujuan di tiket. Jangan sampai Anda salah tujuan.
  • Jaga barang bawaan Anda selama perjalanan. Jangan beri celah orang lain memanfaatkan kelengahan Anda.
  • Jangan membawa barang terlalu banyak. Bagi Anda pemudik kendaran umum, disarankan untuk tidak berlebihan membawa barang bawaan. Sebab, itu akan menghambat daya gerak Anda di tengah keramaiaan pemudik lainnya.
  • Tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan atau mencolok. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal kepada Anda.
  • Jangan sungkan untuk menegur pengemudi angkutan umum apabila mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas.
  • Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, beristirahatlah setiap 4 jam perjalanan agar tidak kelelahan. Jangan lupa jaga kondisi fisik dan kendaraan anda selama perjalanan.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X