Asyik, Mudik Lewat Pelabuhan Merak di Siang Hari Dapat Tarif Diskon

Kompas.com - 11/05/2019, 15:30 WIB
PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan enam dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, untuk menjaga kelancaran arus balik Lebaran 1438 Hijriah, Jumat (30/6/2017). Dermaga III yang rusak akibat dihantam kapal Portlink III pun sudah diperbaiki sementara.KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan enam dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, untuk menjaga kelancaran arus balik Lebaran 1438 Hijriah, Jumat (30/6/2017). Dermaga III yang rusak akibat dihantam kapal Portlink III pun sudah diperbaiki sementara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kabar baik bagi Anda yang akan mudik melewati penyeberangan Merak-Bakauheni. Sebab, akan ada diskon tarif penyeberangan pada musim mudik Lebaran 2019 ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, diskon atau tarif khusus tersebut akan diberikan kepada pemudik yang menyeberang pada siang hari. Namun, belum disebutkan besaran diskon tarif yang akan diberikan.

“Dengan memesan online akan memudahkan kita memprediksi jam puncak itu, dimana pengalaman tahun lalu belum efektif,” ujarnya dalam siaran pers, Jakarat, Sabtu (11/5/2019).

Baca juga: Jalur Penyeberangan Merak-Bakaheuni Masih Aman Dilintasi

Diskon yang diberikan merupakan salah satu strategi pemerintah dan ASDP untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak.

Selama ini para pemudik lebih gemar menyeberang melalui Pelabuhan Merak pada malam hari karena cuaca yang tidak terlalu panas seperti siang hari.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, hal itu kerap membuat kepadatan di Pelabuhan Merak saat malam hari.

Oleh karena itu, pemberlakuan tarif khusus ini diharapkan dapat menarik minat pemudik untuk menyeberang di luar jam-jam sibuk sehingga dapat mengurai kepadatan di jam-jam tertentu.

Baca juga: Mudik Lebaran, Dermaga 6 Pelabuhan Merak Khusus untuk Sepeda Motor

Selain diskon, Kemenhub juga memiliki sejumlah strategi lain untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak. Antara lain adalah mengoperasikan kapal-kapal berukuran besar dan cepat pada masa puncak arus mudik.

Kapal milik TNI AL juga akan dimanfaatkan untuk mengangkut kendaraan truk bermuatan sembako maupun kendaraan pribadi lainnya dari Pelabuhan Tanjung Priok langsung ke Pelabuhan Panjang di Lampung.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X