Ini Tips Investasi Ala Youtuber Kevin Hendrawan

Kompas.com - 12/05/2019, 07:12 WIB
Kevin Hendrawan ketika diwawancarai di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (11/5/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAKevin Hendrawan ketika diwawancarai di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (11/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai seorang Youtuber, Kevin Hendrawan tak lupa untuk mengalokasikan pendapatannya untuk berinvestasi. Bahkan, dia mengaku telah belajar trading saham secara otodidak sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hingga kini, dirinya selalu menyiapkan budget untuk disiplin berinvestasi. Namun, lantaran seorang pekerja lepas pendapatannya tak tetap setiap bulan, pengeluaran adalah hal pertama yang dia sisihkan setiap bulan.

"Karena pendapatanku nggak tetap setiap bulan, jadi berapapun uang yang didapatkan di bulan itu, maka alokasi untuk pengeluaranku selalu sama. Mau dapat banyak, dikit, atau amit-amit mines," ujar Kevin di Jakarta, Sabtu (12/5/2019).

Kevin mengatakan, saham-saham dari bank BUMN menjadi pilihannya ketika melakukan investasi jangka panjang. Sebab menurutnya, saham yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut memiliki pergerakan yang cenderung stabil.

"Jangka panjang saya khusus memilih perbankan, misalnya BUMN karena in a long run lebih stabil," ujar dia.

Hingga saat ini, Kevin mengaku dirinya masih rajin melakukan trading saham. Dari setiap pendapatan yang dia alokasikan untuk berinvestasi, sebesar 30 persennya dia budgetkan untuk investasi jangka panjang sementara 70 persennya untuk trading.

"Sebenarnya kebalik ya, tetapi saya kurang suka kalau harus menunggu 10 tahun ntuk bisa untung," ujar Kevin.

Namun, lantaran kesibukannya dalam membuat konten, Kevin memiliki rekan yang membantu dalam menjalankan hobinya melakukan trading saham.

"Kalau untuk trading, karena ada shooting dan kegiatan lain saya dibantu orang juga," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X