Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Investasi Ala Youtuber Kevin Hendrawan

Kompas.com - 12/05/2019, 07:12 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai seorang Youtuber, Kevin Hendrawan tak lupa untuk mengalokasikan pendapatannya untuk berinvestasi. Bahkan, dia mengaku telah belajar trading saham secara otodidak sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hingga kini, dirinya selalu menyiapkan budget untuk disiplin berinvestasi. Namun, lantaran seorang pekerja lepas pendapatannya tak tetap setiap bulan, pengeluaran adalah hal pertama yang dia sisihkan setiap bulan.

"Karena pendapatanku nggak tetap setiap bulan, jadi berapapun uang yang didapatkan di bulan itu, maka alokasi untuk pengeluaranku selalu sama. Mau dapat banyak, dikit, atau amit-amit mines," ujar Kevin di Jakarta, Sabtu (12/5/2019).

Kevin mengatakan, saham-saham dari bank BUMN menjadi pilihannya ketika melakukan investasi jangka panjang. Sebab menurutnya, saham yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut memiliki pergerakan yang cenderung stabil.

"Jangka panjang saya khusus memilih perbankan, misalnya BUMN karena in a long run lebih stabil," ujar dia.

Hingga saat ini, Kevin mengaku dirinya masih rajin melakukan trading saham. Dari setiap pendapatan yang dia alokasikan untuk berinvestasi, sebesar 30 persennya dia budgetkan untuk investasi jangka panjang sementara 70 persennya untuk trading.

"Sebenarnya kebalik ya, tetapi saya kurang suka kalau harus menunggu 10 tahun ntuk bisa untung," ujar Kevin.

Namun, lantaran kesibukannya dalam membuat konten, Kevin memiliki rekan yang membantu dalam menjalankan hobinya melakukan trading saham.

"Kalau untuk trading, karena ada shooting dan kegiatan lain saya dibantu orang juga," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com