Mau Wawancara Kerja? Simak 7 Cara Terbaik untuk Negosiasi Gaji

Kompas.com - 12/05/2019, 12:42 WIB
Ilustrasi wawancara kerja MangoStar_StudioIlustrasi wawancara kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam wawancara kerja, Anda dengan antusias memamerkan keterampilan Anda dan nilai-nilai yang mungkin Anda bisa bawa ke perusahaan. Tetapi, kapankah waktu yang tepat untuk membicarakan dan menegoisasi gaji Anda?

Untuk itu, perhatikan beberapa langkah di bawah ini agar atasan Anda menerima permintaan gaji yang Anda ajukan saat wawancara kerja.

1. Tunggu Selama Mungkin

"Tunggu selama mungkin untuk berbicara tentang gaji," kata Josh Doody, penulis buku tentang negoisasi gaji dilansir dari CNN, Minggu (12/5/2019).

Jika Anda menunda selama mungkin, mungkin tawaran yang bagus akan datang kepada Anda.

Sebagai kandidat, Anda pun tidak memiliki posisi tawar. Anda belum memiliki kesempatan untuk memamerkan keterampilan, ide, dan bagaimana Anda akan menjadi aset bagi perusahaan.

Semakin jauh Anda berhasil melewati proses penundaan pembicaraan tentang gaji, semakin banyak uang yang mungkin Anda kumpulkan karena membuat lawan bicara tertarik dengan kualifikasi yang Anda miliki.

Jadi, tunggulah saat yang tepat saat Anda ingin membicarakan gaji.

2. Buat mereka jatuh cinta dengan keterampilan Anda

Perkenalkan keterampilan yang Anda miliki terlebih dahulu dalam wawancara kerja. Memperkenalkan keterampilan akan membantu ataupun malah menjatuhkan posisi Anda di mata pihak perusahaan.

"Semua yang Anda katakan dalam proses wawancara dapat membantu atau menjatuhkan Anda," kata Katie Donovan, pendiri Negosiasi kesetaraan gaji dilansir dari CNN, Minggu (12/5/2019).

"Dalam wawancara, Anda akan kuat bila membuat mereka jatuh cinta dengan keterampilan Anda. Anda baru saja membuktikan bahwa Anda kandidat terbaik. Jika saat itu telah tiba, itulah waktu yang tepat untuk negoisasi," lanjutnya.

3. Tidak Cantumkan Ekspektasi Gaji Saat Wawancara

Katie bahkan menyarankan, jika lamaran kerja mengharuskan Anda mencantumkan ekpektasi gaji, tulislah angka nol. Namun, Anda harus tahu, menghindari menghindari subjek gaji tidak selalu mudah. Perekrut dan manajer perekrutan dilatih untuk mendapatkan informasi ini dari Anda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X