Mandiri Sekuritas Luncurkan Digital Signature Pada Layanan Transaksi Saham Syariah Online

Kompas.com - 12/05/2019, 16:32 WIB
Ilustrasi pergerakan harga sahamTHINKSTOCKS Ilustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekosistem keuangan syariah di Indonesia masih sangat besar. Untuk itu, banyak layanan finansial berbondong-bondong membangun ekosistem halal di Indonesia, salah satunya Mandiri Sekuritas.

Anak perusahaan Bank Mandiri ini meluncurkan layanan Most Sharia dengan Most Digisign, yaitu sebuah layanan transaksi saham syariah online dilengkapi fitur tanda tangan elektronik tersertifikasi (digital signature) MOST DigiSign.

"Kami menghadirkan MOST Sharia menggunakan teknologi digital signature sebagai sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada saham-saham syariah secara mudah, aman, dan berkah," kata Managing Director Mandiri Sekuritas Lisana Irianiwati dalam siaran pers, Minggu (12/5/2019).

Lisana mengatakan, telah terjadi pertumbuhan rata-rata 90 persen dalam lima tahun terakhir sejak Most Sharia resmi diluncurkan pada 2013.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah investor saham syariah di Indonesia hingga kuartal I tahun ini mencapai sekitar 50.000 investor.

Sementara itu, jumlah saham syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) hingga April 2019 berjumlah 406 saham.

"Karena itu, kami terus memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan pasar modal syariah melalui inovasi layanan digital MOST,” kata Lisana.

Dengan hadirnya digital signature MOST DigiSign papar Lisana, para nasabah yang berinvestasi menggunakan MOST Sharia akan mendapat pembukaan rekening efek dan dana yang lebih cepat.

Selain itu, investasinya juga dipilih pada saham yang sesuai prinsip syariah, bukan minuman keras dan jasa keuangan riba, adanya dewan pengawas syariah, berprinsip bagi hasil, jual beli, dan sewa, serta bebas bunga.

Adapun manfaat lainnya adalah mekanisme transaksi yang amanah sesuai dengan prinsip syariah fatwa DSN-MUI, kemudahan akses melalui berbagai platform (mobile, aplikasi, maupun web), dan fasilitas kelas investasi gratis mulai dari tahap pemula hingga mahir.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X