Kompas.com - 13/05/2019, 19:03 WIB
Ketua Dewan Komisoner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah di Jakarta, Selasa (25/9/2018). Kompas.com/Mutia FauziaKetua Dewan Komisoner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menahan tingkat bunga penjaminan untuk periode 15 Mei sampai 25 September 2019.

Tingkat bunga penjaminan simpanan rupiah pada bank umum tetap di level 7 persen dan simpanan valas 2,25 persen. Sementara pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 9,5 persen,

“Ini akan berlaku dari tanggal 15 Mei sampai 25 September 2019," ujar Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Baca juga: LPS: Tren Kenaikan Bunga Simpanan Mulai Berakhir

Halim menjelaskan, tingkat bunga penjaminan dipertahankan karena tren suku simpanan perbankan yang melandai dan berada di level stabil. Selain itu, likuditas yang relatif membaik namun masih terdapat beberapa kecenderungan kenaikan.

“Hal ini terlihat dari loan to deposit ratio (LDR) bank umum yang turun dari 93,5 persen menjadi 93,27 persen,” ucap dia.

Selain itu, LPS juga memutuskan menahan suku bunga penjamin simpanan menyusul kondisi stabilitas keuangan (SSK) beraada dalam kondisi stabil. Meskipun memang ada beberapa tantangan dari luar negeri. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: LPS Tidak Ubah Tingkat Bunga Penjaminan Periode Januari-Mei 2019

"Biasanya ekonomi Indonesia itu lebih cepat tumbuhnya di semester satu. Tapi saya enggak tahu dengan ketidakpastian dengan dinaikannya tarif bea masuk dari 10 persen menjadi 25 persen," kata Halim. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.