BNI Ubah Nomenklatur Direksi dan Rombak Jajaran Komisaris

Kompas.com - 13/05/2019, 20:45 WIB
Jajaran Direksi BNI ketika memaparkan hasil RUPS di Jakarta, Senin (13/5/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAJajaran Direksi BNI ketika memaparkan hasil RUPS di Jakarta, Senin (13/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk Tahun Buku 2018 di Jakarta, Senin (13/5/2019). 

Berdasarkan hasil RUPS tersebut, pemegang saham menyetujui perubahan nomenklatur Direksi dan Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

RUPS sepakat memberhentikan dengan hormat Saudara Wahyu Kuncoro dan Saudara Bistok Simbolon sebagai Anggota Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini. 

"Pemegang saham juga menyetujui dan mengangkat Saudara Hambra sebagai Wakil Komisaris Utama terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini. Menyetujui dan mengangkat Saudari Ratih Nurdiati sebagai Komisaris terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini," ujar Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni dalam konferensi pers hasil RUPS di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Adapun mengenai perubahan nomenklatur direksi, Baiquni menjelaskan, usulan perubahan dilakukan manajemen perseroan. Sebab menurutnya, ada beberapa penamaan jabatan yang kurang sesuai.

“Ada yang kurang pas, lalu ada juga karena keinginan dari kementerian bahwa di BUMN harus ada direktur human capital,” ujar Baiquni.

Dia mencontohkan, dalam direksi BNI, sudah ada jabatan direktur kepatuhan yang diemban oleh Endang Hidayatullah. Namun, aturan BUMN mewajibkan perseroan memiliki jabatan direksi yang mengatur urusan human capital.

 Endang pun sebenarnya telah menangani soal human capital. Sehingga pada perubahan nomenklatur diganti menjadi Direktur Human Capital dan Kepatuhan.

Selain itu, perubahan nomenklatur juga berhubungan dengan rencana korporasi ke depan. Seperti perubahan Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan menjadi Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Jaringan, menggambarkan bahwa perseroan akan lebih fokus menggarap segmen menengah.

“Hanya lebih mempertegas aja,” ujar Baiquni.

Adapun perubahan nomenklatur jabatan Direksi Perseroan sebagai berikut :

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X