Kuliner Indonesia Dikenalkan di Italia

Kompas.com - 14/05/2019, 12:45 WIB
Aneka sajian khas Indonesia di La Moda, Plaza Indonesia.  Dok. La ModaAneka sajian khas Indonesia di La Moda, Plaza Indonesia.

MILAN, KOMPAS.com - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan bersama dengan Atase Perdagangan dan Atase Pertanian di bawah koordinasi Fungsi Ekonomi KBRI Roma berpartisipasi dalam TuttoFood Milano World Food Exhibition (TuttoFood) 2019 untuk keempat kalinya.

Paviliun Indonesia mengangkat tema “Indonesia-l’arcipelago dei sapori” atau Indonesia-Kepulauan Cita Rasa menghadirkan pengalaman kuliner warung angkringan Indonesia bagi para pengunjung pameran TuttoFood 2019.

Kepala ITPC Milan Narita Nurindah Hatibie, mengatakan, Paviliun Indonesia menghadirkan suasana warung angkringan Indonesia yang diharapkan dapat menciptakan sebuah pengalaman kuliner yang disajikan menarik, baik makanan maupun minuman yang disuguhkan dalam keramahan khas Indonesia.

Baca juga: Mendag Optimis Kuliner Indonesia Genjot Transaksi TEI 2018

"Bagi masyarakat Italia pada umumnya, kuliner merupakan bagian kuat dari kebudayaan mereka. Sehingga kami melakukan pendekatan yang lebih persuasif dan interaktif agar mereka tertarik mencoba kenikmatan kuliner Indonesia serta berbagai produk makanan dan minuman yang ditampilkan dalam Paviliun Indonesia," kata Narita dalam keterangannya, Selasa (14/5/2019).

Narita menambahkan, untuk pengelolaan dapur dan distribusi produk makanan dan minuman, ITPC Milan bekerja sama dengan La Tiara yang merupakan diaspora Indonesia di Italia. La Tiara telah memiliki sertifikasi dan lisensi untuk mengolah dan menyajikan makanan kepada publik.

Baca juga: Misi Membawa Pangan dan Kuliner Indonesia Mendunia

Kemeriahan Paviliun Indonesia di TuttoFood 2019 menarik perhatian para food blogger untuk datang dan mencoba langsung pengalaman kuliner Indonesia yang sangat menarik.

Dikatakannya, TuttoFood merupakan pameran industri makanan dan minuman terbesar di Italia yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. TuttoFood selalu dihadiri para pelaku industri mencakup para produsen dan pembeli potensial dari Italia dan berbagai negara lainnya.

Bahkan, TuttoFood dihadiri lebih dari 80.000 orang di setiap pelaksanaanya dengan jumlah peserta pameran lebih dari 2.800 perusahaan.

Ada lima perusahaan yang berpartisipasi pada Paviliun Indonesia, yaitu PT Indofood CB Sukses Makmur, PT Kaarle Indonesia/Anaia, PT Intrafood Singabera Indonesia, PT Agung Bumi Agro/Ladang Lima, dan PT Indraco Group/Supresso.

Baca juga: Foto Makanan Sebelum Disantap, Cara Mudah Bantu Promosi Kuliner Indonesia

Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Roma Harya K Sidharta menjelaskan, TuttoFood merupakan tempat bertemunya para pengusaha, perusahaan dan komunitas bisnis terkait untuk melakukan promosi dan transaksi bisnis.

“Oleh karena itu, keikutsertaan Indonesia dalam pameran tersebut memiliki peran strategis untuk memperkenalkan produk makanan Indonesia kepada konsumen dunia, khususnya Italia, yang dikenal memiliki standar dan cita rasa tinggi pada industri makanannya,” terangnya.

“Selama 4 hari pameran, lima perusahaan Indonesia yang ikut pameran Tuttofood berhasil mencapai potensi penjualan sebesar 5.205.735 dollar AS, meningkat 718,11 persen dibandingkan dengan pencapaian pada pameran Tuttofood 2017 yaitu sebesar 636.000 dollar AS," sebutnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X