Ini 10 Negara Kawasan Uni Eropa dengan Rasio Utang Terbesar

Kompas.com - 14/05/2019, 13:13 WIB
Ilustrasi utang luar negeri ShutterstockIlustrasi utang luar negeri

JAKARTA, KOMPAS.com - Yunani merupakan negara dengan rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto ( PDB) terbesar di kawasan Uni Eropa.

Berdasarkan data dari kantor statistik Uni Eropa Eurostat, pada akhir 2018, rasio utang pemerintah Yunani terhadap PDB mencapai 181 persen, meningkat 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Yunani baru saja melewati masa-masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Yunani telah menerima tiga paket bailout berturut-turut, dan membuat penduduknya harus melakukan penghematan.

Baca juga: Penerimaan Pajak Lesu, Risiko Utang Pemerintah Berpotensi Meningkat

Mengutip laman Forum Ekonomi Dunia (WEF), Selasa (14/5/2019), negara lain dengan rasio utang yang tinggi adalah Italia, dengan besaran rasio utang terhadap PDB sebesar 132 persen. Walaupun demikian, kondisi Italia tak separah Yunani yang mengalami kondisi keuangan yang ekstrem.

Adapun di posisi ketiga dan keempat terdapat Portugal dan Siprus yang masing-masing memiliki rasio utang sebesar 121,5 persen dan 102,5 persen terhadap PDB.

Secara total, utang delapan negara dengan rasio utang tertinggi tersebut melampaui rata-rata utang negara-negara Zona Euro (19 negara menggunakan mata uang Euro) dan 28 negara anggota Uni Eropa.

Baca juga: Alasan Pemerintah Ngebut Tarik Utang Pada Kuartal I-2019

Di sudut lain, Estonia menjadi negara dengan rasio utang terhadap PDB terendah, yaitu sebesar 8 persen. Langkah-langkah penghematan pengetatan anggaran yang diberlakukan setelah krisis keuangan 2008 telah membuat Estonia menjadi negara dengan rasio utang terhadap PDB terendah di seluruh kawasan Uni Eropa.

Secara tahunan, beberapa negara seperti Siprus, Yunani, dan Italia masing-masing mencatatkan pertumbuhan nilai utang pada 2018.

Sementara rasio utang di Prancis tidak berubah, dengan 24 negara kawasan Uni Eropa lainnya mengalami penurunan, terutama Lithuania, Belanda dan Austria.

Secara global, Jepang memegang rasio utang terhadap PDB tertinggi di dunia, yaitu sebesar 237,6 persen, diikuti oleh Yunani di tempat kedua.

Baca juga: Akhir Februari, Utang Luar Negeri RI Naik Jadi 388,7 Miliar Dollar AS

Berikut daftar negara kawasan Uni Eropa dengan tingkat rasio utang tertinggi, serta perbandingannya terhadap rata-rata seluruh negara Zona Euro dan Uni Eropa.

  1. Yunani 181,1 persen terhadap PDB
  2. Italia 132,2 persen terhadap PDB
  3. Portugal 121,5 persen terhadap PDB
  4. Siprus 102,5 persen terhadap PDB
  5. Belgia 102 persen terhadap PDB
  6. Perancis 98,4 persen terhadap PDB
  7. Spanyol 97,1 persen terhadap PDB
  8. Zona Euro 85,1 persen terhadap PDB
  9. Inggris 84,7 persen terhadap PDB
  10. Uni Eropa 80 persen terhadap PDB

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X