Tiga SPBU Baru di Tol Trans Jawa Beroperasi 20 Mei 2019

Kompas.com - 14/05/2019, 18:16 WIB
Direktur Keuangan PT Pertamina Pahala Mansury berdialog dengan sopir pengangkut dan pengisi BBM di Pertamina MOR IV, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2019). Pengecekan sekaligus memastikan keamanan persediaan dan pasokan BBM selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. Dok. PertaminaDirektur Keuangan PT Pertamina Pahala Mansury berdialog dengan sopir pengangkut dan pengisi BBM di Pertamina MOR IV, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2019). Pengecekan sekaligus memastikan keamanan persediaan dan pasokan BBM selama arus mudik dan balik Lebaran 2019.

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemudik Lebaran 2019 yang melintasi jalur Tol Trans Jawa tidak perlu cemas kehabisan bahan bakar untuk kendaraan. Mulai 20 Mei 2019, tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum ( SPBU) di KM 360 (arah barat), KM 379 (arah timur) dan KM 389 (arah barat) difungsikan.

Tiga SPBU baru itu ada di area layanan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV yang meliputi wilayah Jawa Bagian Tengah antara KM 228 hingga KM 575.

Untuk memastikan kesiapan layanan Pertamina MOR IV menghadapi Lebaran 2019 baik arus mudik dan arus balik, Direktur Keuangan Pertamina Pahala N Mansury melakukan peninjauan di lokasi operasional.

Dalam peninjauan Selasa (14/5/2019) itu, Pahala berdialog secara acak dengan sopir pengangkut BBM di wilayah MOR IV yang meliputi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Baca juga: Pertamina Bangun 18 SPBU Permanen di Sepanjang Tol Trans Jawa

Pahala memastikan prosedur keamanan dan keselamatan pengisian tangki dan akurasi pengisian BBM ke dalam tangki sebelum didistribusikan.

“Sistem manual yang sudah ditinggalkan diganti dengan sistem otomatis mempercepat waktu pengisian. Efiensinsi dan akurasi pengisian BBM lebih tinggi juga,” ujar Pahala.

Mudik naik 30 persen

Untuk arus mudik dan balik selama Lebaran 2019, konsumsi BBM di MOR IV yang dilalui mayoritas pemudik akan meningkat sekitar 30 persen. Peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi H-1 sekitar 60 persen.

Memastikan kebutuhan pemudik akan bahan bakar, selain menambah 3 SPBU sehingga menjadi 6 SPBU, MOR IV juga akan mengoperasikan beberapa mobil tangki di sejumlah titik.

Rinciannya, MOR IV Pertamina akan menyiapkan 4 titik mobile dispenser, 2 titik kemasan, 2 titik SPBU modular, dan 7 titik modular kompak. Layanan ini akan tersedia di rest area yang tidak ada SPBU.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X