Trafik Pesawat Turun 15 Persen di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 15/05/2019, 04:19 WIB
Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto di Jakarta, Selasa (14/5/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANADirektur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto di Jakarta, Selasa (14/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto mengungkapkan, terjadi penurunan trafik pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Turunnya trafik pesawat tersebut terjadi sejak beberapa bulan terakhir bersamaan dengan mahalnya harga tiket pesawat.

"Yang ada di data kami di Soekarno-Hatta-Hatta yang biasanya 1.000-1.100 (trafik penerbangan) per hari untuk saat ini turun sekitar 15 persen," ujar Dirut AirNav Indonesia di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sebenarnya kata Novie, trafik pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sempat naik kembali ke angka 1.000-an per hari pada awal bulan puasa.

Namun setalah itu jumlahnya anjlok lagi keangka 850 pergerakan pesawat per hari. Menurut Novie hal ini juga karena low season.

Ia berharap, trafik penerbangan bisa kembali naik dua minggu ke depan saat musim mudik lebaran 2019.

"Kalau tahun lalu itu enggak pernah turun (jumlah trafik penerbangan) tetapi naik terus. Sekarang itu ada penurunan sekitar 15 persen," kata dia.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan menurunkan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 12-16 persen. Aturan itu akan diteken oleh Menteri Perhubungan pada Rabu (15/5/2019).

Pemerintah berharap kebijakan itu akan mampu membuat maskapai menurunkan harga tiket jelang mudik lebaran.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X