Perang Dagang Bisa Perburuk Kondisi Boeing

Kompas.com - 15/05/2019, 06:48 WIB
Ilustrasi pabrik pesawat. SHUTTERSTOCKIlustrasi pabrik pesawat.

NEW YORK, KOMPAS.com - Boeing merupakan eksportir terbesar Amerika Serikat, dan Cina merupakan salah satu pasar ekspor terpenting bagi produsen pesawat terbang tersebut.

Kembali meningkatnya tensi perdagangan antara Amerika Serikat dan China merupakan kabar buruk bagi perusahaan yang tengah berada dalam masa-masa sulit ini.

Perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dengan China kian memburuk pada Senin (13/3/2019) waktu Amerika Serikat lantaran China memutuskan untuk membalas menerapkan tarif untuk produk impor asal AS.

Sebelumnya, pada Jumat (10/5/2019) Presiden Donald Trump memutuskan untuk kembali menaikkan tarif dari 10 persen menjadi 25 persen untuk 200 miliar dollar AS produk impor asal China.

Pengiriman pesanan Boeing ke China sebelumnya berhasil lolos dari tarif.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (15/5/2019), masih belum jelas bagaimana dampak langsung dari babak baru perang dagang terhadap ekspor mereka ke China.

Namun, jika memang Boeing harus membayar pajak yang lebih tinggi, seharusnya hal tersebut bisa menjadi kunci penting dalam proses negosiasi dagang.

Boeing tidak bisa merelakan pasar China. Namun, salah satu anggota media pemerintah China mengungkapkan, hal tersebut mungkin saja terjadi.

"China bisa jadi berhenti membeli produk-produk pertanian dan energi AS, mengurangi pemesanan Boeing dan melarang perdagangan jasa AS dengan China," ujar editor in chief Global Times Hu Xijin.

China, dengan pertumbuhan travelnya yang pesat merupakan pasar kunci bagi pabrik pesawat. Boeing pun memrediksi, China akan menjadi pasar bagi 1 triliun dollar AS pesawat.

Pada 2037, Boeing memperkiraka China bakal membutuhkan 7.690 pesawat komersil untuk memenuhi kebutuhan pariwisatanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X