Tiru 6 Cara Ini agar Hemat di Bulan Puasa

Kompas.com - 15/05/2019, 11:31 WIB
Ilustrasi tidak makanMaleWitch Ilustrasi tidak makan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering merasa boros saat bulan Ramadhan tiba? Mungkin Anda tidak sendiri. Perencana keuangan Reny K Azhuri mengatakan, beberapa orang cenderung lebih boros di bulan puasa karena kebiasaan yang berbeda dari bulan-bulan lainnya.

Barang yang paling banyak dibelanjakan umumnya adalah makanan. Seringkali kita memasak menu spesial saat sahur agar semangat puasanya dan saat berbuka puasa dengan tambahan makanan takjil. Belum lagi jika ada ajakan buka puasa bersama di restoran.

Nqmun, kata Reny, pengeluaran semacam ini sebetulnya bisa ditekan dan dikendalikan asal punya perencanaan yang tepat. Berikut 6 tips untuk menghindari kantong jebol di bulan Ramadhan:

1. Tentukan menu sahur dan berbuka.

 Reny menyarankan untuk mmebuat daftar menu untuk sahur dan berbuka puasa sepanjang Ramadhan. Dengan demikian, makanan yang akan dikonsumsi lebih terkontrol.

2. Pilih menu yang disukai anggota keluarga.

Rencanakan menu tersebut bersama anggota keluarga agar mereka tahu dengan budget sekian, mereka akan mendapat menu apa saja. Usahakan pulih menu yang disukai semua anggota keluarga sehingga tak usah memasak berbagai jenis lauk dalam satu waktu.

3. Hati-hati lapar mata

Lapar perut memang bisa menular jadi lapar mata. Saat mencari makanan berbuka, rasanya ungin memborong jajanan yang tersaji di meja penjual. Padahal, kapasitas makanan yang bisa ditampung perut saat berbuka puasa itu kecil. Oleh karena itu, Anda harus lebih mengontrol diri dan pilih makanan yang sekiranya Anda inginkan untuk berbuka.

4. Menyiapkan bahan makanan

Selama Ramadhan, Reny menyarankan untuk menyetok makanan yang bisa awet dalam waktu cukup lama, misalnya telur atau tempe. Kedua bahan itupun bisa dikreasikan menjadi berbagai macam menu agar tak bosan. Kalau bisa, samakan menu sahur dengan berbuka puasa supaya simple dan hemat.

5. Hindari acara-acara tak mendesak.

Bisa dipastikan selama bulan puasa, ajakan buka puasa bersama akan meluber. Namun, Reny menyarankan untuk lebih selektif memilih acara yang akan dihadiri. Sebab, jika harus mengeluatkan uang di setiap acara tersebut, maka akan mengganggu arus kas Anda. seperti bukber, makan di resto, dll, yang tidak

6. Buat daftar prioritas acara. 

List prioritas acara yang betul-betul memiliki manfaat buat Anda. Salah satu acara yang paling banyak menguras budget adalah buka puasa bersama. Tapi, pilih-pilih lagi yang punya manfaat untuk Anda. Selain itu, Reny juga menekankan untuk tidak berhutang demi memaksakan hadir ke acara yang sebenarnya tak begitu penting. 

 




Close Ads X