Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Infrastruktur Harus Bisa Dorong Kemandirian Pangan

Kompas.com - 15/05/2019, 12:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah dipandang sepatutnya dapat membangkitkan kemandirian pangan nasional. Namun, diperlukan roadmap atau peta jalan pangan sejalan dengan jalur infrastruktur sehingga dapat terwujud kedaulatan pangan nasional.

"Fondasinya sudah dibangun, sekarang kita perlu roadmap pangan nasional," ungkap anggota komisi VI DPR RI Aria Bima dalam pernyataannya pada acara Diskusi Publik Pemuda Tani, Rabu (15/5/2019).

Aria meminta Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dapat membuat roadmap pangan tersebut. Sebab, kata dia, selama ini rentannya infrastruktur logistik mengakibatkan kelangkaan komoditas.

Baca juga: Produktivitas Tanaman Pangan Didorong dengan Pupuk Berimbang

Namun, saat ini setelah selesainya pembangunan infrastruktur maka masalah semacam itu bisa diselesaikan.

"Di Jakarta ada sayur mayur yang didatangkan dari Sumatera Barat. Ada Trans Sumatera sayuran Sumatera Barat bisa masuk ke Jakarta. Dulu harus perjalanan seminggu, sekarang dua hari," tutur dia.

Aria menuturkan, konsepsi kedaulatan pangan, seluruh kebijakan pangan harus kuat. Ia pun menjelaskan bahwa adanya impor yang terjadi saat ini bukan karena program pemerintah gagal, namun sifatnya situasional.

Ia meminta selain pemerintah, organisasi pertanian juga berperan aktif.

"HKTI harus ekspansif mendahului program-program pemerintah," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com