Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Akan Luncurkan Aplikasi untuk Carter Pesawat

Kompas.com - 15/05/2019, 16:05 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) akan meluncurkan aplikasi Avia Mall, carter dan leasing pesawat untuk melayani masyarakat yang memerlukan jasa layanan penerbangan tak berjadwal, maupun jasa taksi udara.

Aplikasi rencananya akan diluncurkan pada akhir Mei ini akan mempertemukan para pemilik pesawat dengan masyarakat yang membutuhkan jasa penerbangan carter.

Direktur Kargo dan Pengembangan Bisnis Garuda Indonesia Mohammad Iqbal, mengatakan saat ini banyak pemilik yang memilih memarkirkan pesawatnya mereka, ketika tidak digunakan. Dengan platform ini, para pemilik tersebut bisa menyewakan pesawatnya sehingga bisa lebih memiliki nilai ekonomi.

Baca juga: Bisnis Penerbangan Carter Diprediksi Terus Meningkat

“Kemudian melalui aplikasi ini pula, nantinya masyarakat yang memerlukan carter pesawat bisa menggunakan aplikasi ini, semudah memesan ojek online,” kata Iqbal dalam keterangannya, Rabu (15/5/2019).

Iqbal menjelaskan, selain pesawat carter penumpang, masyarakat juga bisa memesan ambulans, baik jenis pesawat maupun helikopter untuk membawa pasien ke penyedia layanan kesehatan yang diinginkan. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa lebih leluasa memilih berbagai jenis pesawat dan layanan yang diberikan.

Selain itu, ada juga perbandingan harga sewa dari pesawat-pesawat yang ada sehingga bisa disesuaikan dengan bujet konsumen.

Baca juga: Garuda Indonesia Maksimalkan Pendapatan dari Potensi Brand

“Seperti ingin bepergian beramai-ramai dengan teman, akan lebih efisien dan mudah jika mencarter pesawat. Bahkan ada yang lebih murah dari membeli tiket pesawat untuk tujuan tertentu,” tuturnya.

Dia menambahkan, selain carter pesawat, aplikasi ini juga akan menjadi marketplace untuk suku cadang, serta MRO alias perawatan pesawat.

Sejauh ini potensi pasar penerbangan carter di Indonesia cukup besar, akan tetapi belum tergarap dengan maksimal. Melalui platform yang akan diluncurkan ini, Garuda Indonesia berusaha menggarap pasar penerbangan carter dengan menyediakan platform yang mempertemukan pemilik pesawat dengan konsumen.

Baca juga: Gandeng Go-Jek, Garuda Indonesia Layani Kirim Makanan dengan Pesawat

Iqbal menyebutkan. potensi pasar penerbangan carter bisa menyamai pangsa pasar penerbangan berjadwal yang dilayani berbagai maskapai penerbangan.

“Kami optimistis layanan ini akan mendapatkan respon positif dari masyarakat pengguna jasa penerbangan,” tandas Iqbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com