Ingin Menjadi CEO? Ketahui DUlu tentang 8 Hal Ini

Kompas.com - 16/05/2019, 08:07 WIB
Ilustrasishutterstock.com Ilustrasi

KOMPAS.com - Menjadi seorang CEO dapat menjadi langkah selanjutnya dalam karier Anda . Tapi jangan meremehkan betapa berbedanya pekerjaan itu dari apa yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Taruhannya lebih tinggi dan lebih kompleks. Pengalaman Anda sebelumnya bisa benar-benar menghalangi jika terbiasa memiliki kontrol langsung atau menjadi ahli di bidang tertentu.

Untuk membantu menguasai peran baru itu, Anda perlu membayangkan kembali bagaimana melihat diri sendiri, bagaimana memandang orang lain, dan apa tujuan utama Anda.

Setidaknya, ada delapan hal yang harus Anda ketahui sebagai CEO kali pertama. Apa saja itu?

Semua orang akan memperhatikan

Ketika posisi Anda sebagai CEO diumumkan, orang akan memandang Anda secara berbeda.

"Tindakan dan pernyataan Anda jauh lebih penting," kata Mitzi Reaugh, yang baru-baru ini dipromosikan menjadi CEO perusahaan teknologi augmented reality Jaunt XR.

Ketika dia tahu dia akan diangkat menjadi CEO, Reaugh merasa ditekan oleh rekan-rekannya untuk segera melakukan pekerjaan.

"Saya ingin terlihat tegas tetapi juga membuat panggilan yang tepat untuk organisasi. Saya juga ingin rekan-rekan saya (yang akan segera menjadi laporan langsung saya) untuk merasa seperti pendapat mereka didengar dan dipertimbangkan, "kata Reaugh.

"Sebagai CEO, Anda harus memiliki pilihan yang Anda buat setiap hari, jadi penting Anda benar-benar yakin melakukan panggilan yang tepat," lanjut dia.

Informasi yang didapat belum tentu bisa dipakai

Setiap orang, termasuk mereka yang telah bekerja dengan Anda selama bertahun-tahun, mungkin mulai berperilaku berbeda.

"Ketidakseimbangan kekuatan mengubah cara orang menampilkan diri [kepada Anda]. Memahami informasi yang Anda dapatkan dari mereka tidak lagi dapat diandalkan dengan cara yang sama," kata Eric Pliner, yang juga CEO pertama dari perusahaan konsultan kepemimpinan YSC.

Bukannya mereka mencoba menyesatkan Anda, tapi mereka mungkin tidak merasa nyaman sejujurnya dengan rekan kerja atau manajer tingkat bawah.

Jangan hanya mengandalkan laporan langsung

Halaman:



Close Ads X