Sri Mulyani: Industri 4.0, ASN Harus Adaptasi

Kompas.com - 16/05/2019, 12:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani ANTARA FOTO/Wahyu Putro AMenteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan untuk memajukan bangsa yang harus dilakukan Aparatur Sipil Negara ( ASN) adalah mengubah pola pikir atau mindset dan perilaku. Sehingga, para ASN mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Saya ingin memberikan pesan yang luar biasa penting untuk kita semua sebagai ASN. Untuk memajukan bangsa ini, ASN harus mengubah mindset dan perilaku agar bisa beradaptasi dengan revolusi Industri 4.0," kata Sri Mulyani lewat akun Facebook miliknya dikutip Kompas.com, Kamis (16/5/2019).

Menkeu menjelaskan, untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan itu, cara yang harus dilakukan ASN adalah dengan mempelajari, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang terus berkembang dengan cepat.

Baca juga: Menelisik Fenomena “Gig Economy” pada Era Industri 4.0 bagi Milenial

Diharapkan dengan selalu terhubung dengan teknologi, perubahan mindset akan lebih mudah dan cepat terinternalisasi dalam pekerjaan sehari-hari.

"Hal ini penting, karena kita sengaja atau tidak sengaja sering menjadi institusi yang banyak menciptakan halangan dalam pengembangan inovasi. Sehingga ide yang baik sering mati di tengah jalan atau bahkan baru lahirpun langsung gagal," tuturnya.

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, ASN adalah bagian dari institusi yang menentukan bisa maju atau tidaknya negara ini (beradaptasi).

Baca juga: Sektor Industri Paling Siap Terapkan Industri 4.0, Ini Urutannya

Oleh karena itu, lanjutnya, jangan sampai ide-ide cemerlang menjadi terhambat antara lain karena birokrasi yang berbelit-belit dan tumpang tindih (misalnya dalam perizinan).

"Sehingga membuat Indonesia tidak mampu bersaing dengan negara lain," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X