Kompas.com - 16/05/2019, 22:12 WIB
Ilustrasi sukses ShutterstockIlustrasi sukses

KOMPAS.com - Kita semua tentu ingin sukses dengan karier. Mulai mempunyai pekerjaan bagus, menjaga keterampilan, hingga menguasai organisasi. Namun semua itu tentu bukan hal yang mudah untuk dicapai.

Dosen Marketing New York University Scott Galloway menyebutkan,  untuk mencapai semua itu sebenarnya ada hal-hal yang mudah untuk dilakukan. Namun sayangnya banyak yang justru gagal menerapkannya. 

Padahal menurut dia, hal-hal yang mudah itu bisa membuat Anda menonjol di antara orang-orang lain dalam kelompok Anda.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Olahraga Bisa Membantu Anda Sukses di Dunia Kerja

Berikut 3 hal "mudah" untuk memaksimalkan potensi Anda untuk mencapai kesuksesa ala Scott Galloway, yang juga penulis buku best seller  The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook and Google.

1. Datang lebih awal

Anggaplah siapa pun yang akan Anda temui lebih sibuk dan lebih penting daripada Anda. Anggaplah mereka menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan pertemuan. Anggap ada daftar tunggu orang yang ingin berada di posisi Anda.

Datang lebih awal adalah cara termudah untuk membuat kesan pertama yang baik, bahkan jika tidak satupun dari hal-hal diatas benar adanya. Tindakan ini justru membuat Anda menunjukkan kerendahan hati dan lebih memilih hati-hati untuk berbuat salah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan percayalah, tidak ada yang suka orang yang selalu terlambat," ucap Scott Galloway dikutip CNBC, Kamis (16/5/2019).

2. Berperilaku baik

Berperilaku yang baik tidaklah sulit. Misalnya, ucapkan terima kasih kepada kolega Anda atas kontribusi mereka. Akui orang ketika mereka melakukan sesuatu yang hebat. Tawarkan bantuan ketika Anda melihat seseorang membutuhkannya.

Galloway mengatakan, sikap yang baik akan membuat Anda lebih disukai. Anda akan menemukan orang-orang akan lebih bersedia menjawab panggilan Anda pada hari libur.

Dan ketika Anda membuat kesalahan, tunjukan sikap yang sopan sehingga Anda akan mendapat kesempatan kedua bahkan jika Anda tidak pantas mendapatkannya.

3. Menindaklanjuti

Sepanjang karier Anda, Anda akan bertemu dengan beberapa orang yang sangat mengesankan dan berbakat baik melalui pekerjaan maupun cara lainnya. Siapa pun mereka, upayakan untuk menindaklanjuti relasi Anda dengannya.

Beri tahu mereka bahwa Anda menghargai mereka dan mengakui kehadiran mereka. Bagikan artikel yang mungkin menarik bagi mereka. Jika mereka meminta Anda untuk merespons sesuatu, lakukanlah.

Semua hal tersebut lebih dari sekadar sopan, tapi membuat Anda dapat diandalkan dan mudah diingat oleh mereka.

Baca juga: 5 Tips Sukses Usaha ala Pemilik Adorable Projects dan Polka Beauty

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.