Ombudsman akan Pantau Indikasi Penimbunan Bahan Pokok Jelang Lebaran

Kompas.com - 17/05/2019, 07:34 WIB
Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih berbincang dengan pedangang ketika melakukan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAAnggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih berbincang dengan pedangang ketika melakukan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019).

Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih berbincang dengan pedangang ketika melakukan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih berbincang dengan pedangang ketika melakukan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih, mengatakan, pihaknya akan memantau terus kondisi dan persedian bahan pokok jelang lebaran tahun ini. 

"Saya kira kalau ada penimbunan, satgas sudah cek ya. Sejauh ini kami belum melihatnya, baru melihat hilirnya. Kami akan melihat ke belakang," kata Alamsyah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019).

Alamsyah menuturkan, pihaknya akan memantau dan melihat distribusi kebutuhan pokok yang dilakukan pihak distributor dan importir. Apakah memang berlangsung lancar atau terhambat.

Sejauh ini, komoditas berupa bawang putih masih menjadi perhatian serius Ombudsman. Karena sejak pekan lalu terjadi lonjakan harga.

"Yang paling penting sebenarnya menjelang lebaran ini harga turun dan relatif stabil," ungkapnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil sidak dan pantauan di sejumlah pasar wilayah Jakarta, harga bawang putih sudah mulai turun. Hal ini terjadi karena stok di pasaran sudah mulai masuk.

"Ini menunjukkan barang impor sudah masuk. Jadi, kebutuhan dari pedagang sudah terpenuhi, karena kemarin harga tinggi karena barang sulit (didapat). Kasihan juga mereka," sebutnya.

"Yang paling penting, kami lihat harga sudah turun," tambah dia.

Hari ini Ombudsman melakukan sidak secara serentak di seluruh provinsi se-Indonesia. Hasil pantauan di lapangan ini akan dibandingkan segera menyeluruh.

"Nanti kita akan lihat perbandingannya,  apakah di Jakarta sudah turun dan di tempat lain masih tinggi," tandanya.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X