Sistem "One Way" Berlaku Saat Mudik, Begini Aturan Masuk ke Rest Area

Kompas.com - 17/05/2019, 10:36 WIB
Rest area Tol Trans-Jawa Dokumentasi Jasamarga PropertiRest area Tol Trans-Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem satu arah atau one way akan berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Itu artinya kedua jalur jalan tol akan digunakan oleh kendaraan dari arah Jakarta ke arah timur saat mudik. Begitu sebaliknya saat arus balik.

Nantinya total penerapan sistem ini akan mencapai ratusan kilometer.

Lantas bagaimana bila kendaran ingin menepi ke rest area saat sistem one way berlaku? Perlukah kendaraan di jalur 2 masuk ke jalur 1 untuk masuk rest area?

Jawabnya tidak perlu. Sebab, Jasa Marga memperbolehkan rest area di kedua jalur untuk digunakan. Jadi tidak perlu khawatir.

"Kedua sisi bisa dipakai, trafiknya rata dan rest area juga bisa dipakai. Jadi masyarakat yang mau menggunakan rest area bisa ke jalur kiri maupun kanan," ujar Dirut Jasa Marga Desi Arryani dalam dialog Teraskita: Mudik Selamat, Guyub Rukun di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Di tempat yang sama, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Reldi Andri mengatakan, pihaknya sudah merencanakan skema lalu lintas keluar masuk kendaraan di rest area saat sistem one way berlaku.

Berikut pengaturan lalu lintas di rest area saat berlakunya sistem one way:

1. Arus Mudik

- Kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang yang menggunakan jalur 1 dapat masuk dan keluar rest area di jalur 1 seperti biasanya atau normal.
- Sementara yang menggunakan jalur 2 bisa masuk ke rest area jalur 2 melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan kembali atau keluar dari rest area dari pintu masuk.

2. Arus Balik

- Kendaraan yang menggunakan jalur 1 dapat masuk dan keluar rest area di jalur 1 seperti biasanya atau normal.
- Kendaraan yang menggunakan jalur 2 dapat masuk ke rest area jalur 2 melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan atau keluar dari rest area melalui pintu masuk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X