Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Harga Bahan Pokok, Ombudsman akan Sidak ke Pasar se-Indonesia

Kompas.com - 17/05/2019, 11:20 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar secara serentak di seluruh provinsi se-Indoensia, Jumat (17/5/2019). Sidak dilakukan untuk melihat langsung persediaan dan harga bahan pokok di pasaran.

"Kami lakukan tinjauan ke pasar ini di 34 provinsi. Ini serentak seluruh Indonesia," kata Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih ditemui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019).

Alamsyah mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung terkait kondisi stok dan harga bahan pokok. Usai melakukan tinjauan, Ombudsman akan membandingkan dan menelaah apa yang terjadi di lapangan.

Hasil yang ditemukan dalam sidak ini akan disampaikan kepada publik dan pemerintah lewat instansi terkait. Sehingga mereka juga mengatahui apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

"Nanti kita akan lihat perbandingannya,  apakah di Jakarta sudah turun dan di tempat lain masih tinggi," lanjutnya.

Dia menyebutkan, setidaknya ada sepuluh jenis komoditi yang dipantau di pasaran menjelang lebaran tahun ini.  Namun, pihaknya lebih fokus pada bawang putih karena harganya sempat mengalami kenaikan pekan lalu.

"Harga bawa putih rata-rata dari Rp 30.000 sampai Rp 35.000 per kilogram. Minggu kemarin sampai Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per kilogram," sebutnya.

Di sisi lain, Ombudsman juga ingin melihat dampak dari operasi pasar yang dilakukan instansi terkait untuk menstabilkan harga bawang putih. Apalagi diketahui pemerintah telah membukan kerena impor bawang putih dari China.

"Bawang putih manjadi salah satu atensi kita, karena menjadi perhatian publik," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com