Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Dapat Restu Akuisisi Saham PNM Investment Management

Kompas.com - 17/05/2019, 20:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (KOMPAS100: BBTN) merestui rencana perseroan untuk akuisisi saham PNM Investment Management (PNMIM) dan sekaligus menjadi pemegang mayoritas.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, aksi korporasi BTN mengambil alih saham PNMIM mendapatkan sambutan baik dari para pemegang saham.

Sesuai dengan Rencana Bisnis Bank tahun 2019-2021, perseroan berencana memiliki anak usaha di bidang manajemen investasi untuk meraup pendapatan non bunga dan persiapan pengelolaan dana pengelolaan dana Tabungan Perumahan.

Baca juga: BTN Bakal Akuisisi Perusahaan Modal Ventura

Langkah BTN menggenggam saham PNMIM dilakukan lewat sejumlah tahapan. Antara lain melalui Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (Conditional Shares Purchase Agreement/CSPA) yang telah ditandatangani pada bulan April lalu.

Adapun transaksi pembelian 30 persen saham atau senilai Rp 114,3 miliar tersebut saat ini dalam proses permohonan persetujuan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami harapkan OJK dapat memberikan persetujuannya pada Juni 2019 sehingga kami bisa melanjutkan tahapan selanjutnya untuk menambah kepemilikan saham hingga sekitar 85 persen,” kata Maryono di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: BTN Akuisisi Anak Usaha PNM

Direktur Finance and Treasury & Strategy merangkap Direktur Collection, Aset Management Nixon L.P Napitupulu mengatakan, pihaknya menargetkan akuisisi untuk tahap kedua sebelum akhir tahun.

Dia menjelaskan, untuk akuisisi tahap kedua berbeda dengan akuisisi pertama karena untuk menjadi mayoritas diperlukan validasi berdasarkan laporan keuangan yang diperkirakan akan menggunakan kinerja Per Maret atau Mei 2019.

"Perlu diketahui akuisisi minoritas dan mayoritas itu berbeda, harganya tidak sama. Kalau mau mayoritas kinerja PNM IM dan BTN harus diaudit," kata Nixon. (Dina Mirayanti Hutauruk)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bank BTN (BBTN) dapat restu mengakuisisi saham PMN Invesment Management

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com