5 Cara agar THR Tidak Lenyap dalam Sekejap

Kompas.com - 18/05/2019, 11:13 WIB
ilustrasi uang dalam amplop.Thinkstock ilustrasi uang dalam amplop.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan depan para karyawan, baik pegawai swasta dan pegawai negeri akan menerima bonus tunjangan hari raya atau THR. Pemberian THR ini untuk membantu masyarakat membeli kebutuhan yang diperlukan untuk Lebaran kelak.

Memang surga dunia rasanya jika mendapatkan bonus THR bersamaan dengan gaji bulanan. Keinginan untuk belanja semakin menggebu-gebu pada hari tersebut. Namun, dalam hal ini Anda harus bijak dalam memilah antara hal yang “inginkan” dan yang “dibutuhkan”.

Head of Business Development ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha, punya tips agar THR tidak lenyap dalam sekejap, namun masih bisa memenuhi keinginan Anda untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.

Baca juga: Sri Mulyani: Aturan Baru Pencairan THR Bisa Keluar dalam Dua Hari Ini

Berikut tipsnya:

1. Alokasikan dengan bijak

Tahun ini, sebagian besar karyawan di Indonesia akan menerima THR hampir bersamaan dengan penerimaan gaji bulanan. Sebelum menerima dua pemasukkan tersebut mulailah membuat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran. Sisihkan bebera persen dari gaji dan THR yang akan Anda dapatkan untuk membeli kebutuhan untuk Lebaran dan berapa persen yang akan ditabung.

"Yang paling utama agar THR yang Anda terima lebih berkah, jangan lupa dialokasikan untuk berdonasi dan membayar zakat yang sudah ditentukan," kata Yolanda dalam keterangannya, Sabtu (18/5/2019).

2. Manfaatkan promo dari ritel dan e-commerce

Jika Anda masih memiliki daftar barang yang harus dibeli untuk Lebaran, namun tidak mau mengeluarkan jatah THR yang banyak untuk belanja. Anda bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh ritel dan platform e-commerce.

Pasalnya pada bulan Ramadhan, e-commerce memanjakan masyarakat di Indonesia dengan beragam promo potongan harga yang menarik.

Menurut dia, Shopback sebagai platform cashback rewards dan juga aggregator e-commerce, mempermudah masyarakat untuk mengetahui promo-promo yang sedang berlangsung di platform e-commerce selama Ramadhan.

“Selain menginformasikan promo apa yang sedang berlangsung, ShopBack juga memberikan cashback hingga lima kali lipat pada bulan Ramadan. Cashback yang diterima pun nantinya dapat dicairkan dan ditransfer ke rekening pengguna,“ ujarnya.

3. Berdonasi dan berzakat

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X