Wamen ESDM: Kereta Api Dapat Mengurangi Konsumsi BBM

Kompas.com - 18/05/2019, 16:17 WIB
Kereta api melaju di perlintasan KA Wonokromo, SurabayaDok. PT KAI Daop 8 Surabaya Kereta api melaju di perlintasan KA Wonokromo, Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, mengatakan, menggunakan moda transportasi seperti kereta api dapat mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Moda ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk berpergian.

"Bagi kami di ESDM, kereta api sesungguhnya adalah salah satu harapan untuk menjadi bagian dari program penghematan BBM. Dan harapan itu semakin tinggi jika melihat antusiasme masyarakat untuk menggunakan kereta api dalam akivitas hariannya," kata Arcandra dalam akun Facebook miliknya dikutip Kompas.com, Sabtu (18/5/2019).

Arcandra menuturkan, Sabtu pekan lalu dalam perjalanan Jakarta ke Bandung, ia sengaja memilih menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta. Bukan hanya soal tingkat ketepatan waktu yang lebih baik, kereta api di Indonesia juga didukung oleh infrastruktur dan kualitas pelayanan yang sangat bagus.

Baca juga: Mau Mudik? Ini Tiket Kereta Lebaran yang Masih Tersedia

"Perjalananan Jakarta-Bandung, bagi kami sangat menyenangkan. Dengan standar layanan PT KAI yang semakin bagus, kereta api ini telah menjadi angkutan high class yang dapat diakses oleh semua golongan masyarakat," ujarnya.

Dia menilai, saat ini di Jakarta, dengan dukungan infrastruktur kereta listrik yang bagus, jutaan orang sudah beralih dari kendaraan pribadi ke kereta api. Bahkan MRT yang baru beroperasi juga mendapat sambutan luar biasa.

"Ke depan, sejalan dengan bertambahnya jaringan dan infrastruktur kereta api, seperti pengoperasian LRT di Jabotabek dan juga kota-kota lain, harapan kami, akan lebih banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi dan memanfaatkan moda transportasi ini," tuturnya.

Dia menambahkan, ESDM terus mendorong pemanfaatan BBM jenis B20. Apalagi saat ini kereta api juga masih menggunaan diesel. ESDM sudah melakukan uji coba B20 dan diharapkan bahan bakar tersebut akan lebih banyak lagi digunakan di Indonesia.

"Pemanfaatan kereta api, baik yang berbasis tenaga listrik dan juga B20, tentunya akan dapat mengurangi konsumsi BBM, menciptakan efisiensi waktu serta tenaga, dan pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas kerja yang lebih baik," ungkap dia.

"Terima kasih kepada PT KAI, maju terus untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat," tambah Wamen ESDM Arcandra Tahar.

Baca juga: Wamen ESDM Mengenai BBM Satu Harga: Ini Bentuk Kepedulian Presiden

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X