Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Bus Trans Jawa Diluncurkan 27 Mei

Kompas.com - 20/05/2019, 07:38 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com -  Uji coba trayek bus Jakarta-Surabaya melalui tol Trans Jawa akan diluncurkan pada 27 Mei 2019 ini. 

Direktur Angkutan Jalan Dirtjen Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan (Kemenhub) Ahmad Yani, mengatakan, dalam pengoperasian tahap pertama ini sudah terdapat 7 operator yang akan ikut.

"Kita pastikan akan launching pada 27 Mei, di mana pemesanan sudah bisa dilakukan pada masing-masing operator. Operatornya ada Rosalia Indah, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Lorena, dan lainnya. Di tahap 1 ini ada 7 operator," ucap dia seperti dilansir Kontan.co.id, Minggu (19/5/2019).

Ahmad menyebutkan, setidaknya ada 34 bus dari 7 perusahaan otobus yang sudah terdaftar dalam trayek Jakarta-Surabaya ini. Selain itu juga ditambah 5 unit bus dari Damri.

Baca juga: 9 Imbauan Jasa Marga untuk Pemudik yang akan Lewat Tol Trans Jawa

Konsep bus trans Jawa ini akan mengantarkan penumpang dari Jakarta hingga Surabaya tanpa harus keluar dari jalan tol. Adapun untuk penumpang yang berhenti selain ke Surabaya akan diturunkan di rest area.

"Sementara ini kita meminta mereka untuk berhenti di rest area, nanti akan ada feeder dari perusahaan mereka di tempat pemberhentian tersebut. Sehingga penumpang yang turun, misalnya di Tegal, akan ada yang mengangkut ke Tegal," tutur Ahmad.

Mengenai tarif yang dikenakan kepada penumpang, Ahmad meminta para operator bus untuk menghitung sendiri.  Hal ini karena bus yang melalui Trans Jawa merupakan bus non ekonomi, maka pemerintah tak menetapkan harga.

"Selama tarifnya tidak melebihi tarif kereta, maka bisa bersaing," ujar Ahmad Yani.

Dia mengatakan, bus Trans Jawa ini akan terus berlanjut, dengan melihat perkembangan dan permintaan dari penumpang. (Lidya Yuniartha)

berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Trayek Bus Trans Jawa siap diluncurkan 27 Mei

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com