Sistem Satu Arah di Tol Diterapkan, Ini Tips dari Menhub

Kompas.com - 20/05/2019, 10:39 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memeriksa rangka mesin bus AKAP saat kunjungan kerja di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka pemeriksaan angkutan dan persiapan jelang mudik Lebaran 2019.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memeriksa rangka mesin bus AKAP saat kunjungan kerja di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka pemeriksaan angkutan dan persiapan jelang mudik Lebaran 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memberlakukan sistem satu arah pada musim mudik Lebaran 2019 ini.

Kebijakan one way ini akan diterapkan mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Tol Brebes Barat.

Supaya aman dan lancar saat penerapan sistem satu arah ini, Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi memperhatikan tips yang diberikannya bagi para pemudik.

Baca juga: Sistem One Way Berlaku Saat Mudik, Begini Aturan Masuk ke Rest Area

Berikut tips dari Menhub:

1. Ketahui perbedaan gerbang di Cikarang Utama yang akan dibagi menjadi dua.

“Gerbang Cikarang Utama ini akan kami hilangkan. kami akan bagi dua dan yang akan mudik ke arah Semarang, kami pindahkan ke Cikampek Utama KM 70, tapi kalau yang mudik ke Bandung siap-siap dari Cikarang Utama ke Kalihurip KM 68. Mereka harus siap-siap untuk belok mengambil arah kanan, ada jalur khusus,” kata Menhub, Minggu (19/5/2019).

2. Mengisi penuh bahan bakar.

“Karena panjangnya satu arah ini di KM 29 sampai KM 263, memang ada rest area kurang lebih 10 tambah empat tetapi tetap saja jumlahnya tak maksimal. Jadi sebaik mungkin bensin diperkirakan cukup sampai Semarang, jangan memperkirakan menambah bensin di jalan,” ucap Menhub.

3. Gunakan tempat istirahat hanya untuk kegiatan darurat dan perhitungkan waktunya.

“Di rest area agar mempercepat kegiatan, yang shalat diperkirakan. Jadi kira-kira sepanjang 200 kilometer selama dua jam itu bisa diatur, makan bisa bawa ke dalam mobil dan bensin sudah disiapkan,” sebutnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X