Digital Banking, Ajukan KTA dan Beli SBN Cukup Melalui Smartphone

Kompas.com - 20/05/2019, 13:39 WIB
Director Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Wawan Salum. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALADirector Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Wawan Salum.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DBS Indonesia meluncurkan tiga fitur baru dalam aplikasi bank digital mereka, Digibank. Hanya lewat aplikasi di ponsel, nasabah bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan, membeli Surat Berharga Negara, hingga transfer valuta asing ke luar negeri.

Director Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Wawan Salum mengatakan, data Bank Dunia tahun 2017 menunjukkan bahwa 38 persen masyarakat belum tersentuh produk perbankan.

Maka perbankan digital menjadi salah satu solusi untuk menjangkau masyarakat unbanked. Oleh karena itu, DBS melengkapi fitur Digibank sebagaimana fungsi bank pada umumnya.

"Betul-betul bukan hanya transfer uang, buka deposito, tapi berbagai fitur perbankan bisa dilakukan di Digibank," ujar Wawan di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Baca juga: McKinsey: Adopsi Digital Banking Indonesia Tercepat di Asia

Berikut tiga fitur yang diluncurkan Bank DBS Indonesia dalam Digibank:

1. KTA Instan

Salah satu layanan dasar perbankan adalah pinjaman dana tunai. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terjadi kenaikan signifikan untuk pengajuan pinjaman secara online antara 2016 dan 2017, yakni hingga 7 kali lipat. Hal tersebut menjadi dasar DBS mengembangkan KTA Instan melalui Digibank.

"Melalui KTA Instan kami dapat menjangkau masyarakat lebih luas, di mana nasabah dapat mengajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja dengan waktu hanya 60 detik," ujar Executive Director Head of Consumer Finance PT Bank DBS Indonesia, Sonja Kristianti.

2. E- SBN

Digibank juga mmeberi kesempatan bagi nasabah untuk berinvestais secara mudah dan cepat melalui fitur pembelian Surat Berharga Negara secara online (e-SBN). Fitur ini memberikan kesempatan bagi nasabah yang ingin mengembangkan investasi sekaligus berpartisipasi untuk membantu negara. Dengan demikian,nasabah punya alternatif investasi selain deposito dalam satu aplikasi.

3. Transfer Valas

Mengirim dana asing ke luar negeri kini tak perlu lagi mengantre di bank. Dengan fitur baru Digibank, transfer valas semudah bermain media sosial, tinggal klik di ponsel. Apalagi, fitur baru ini memungkinkan transfer valas bebas biaya ke 20 negara dengan tujuh mata uang asing.

Baca juga: OJK: baru 2 Bank yang Benar-benar Terapkan Digital Banking



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X